Kami sangat mengapresiasi inovasi dari teman-teman di XL yang melahirkan aplikasi digital mFish ini. Aplikasi ini menunjukkan kepada kita bahwa teknologi digital memiliki manfaat bagi siapa saja,"
Surabaya (ANTARA News) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengapresiasi inovasi digital "M-Fish" yang dikembangkan salah satu operator seluler PT XL Axiata Tbk, yakni aplikasi untuk nelayan dalam membantu meningkatan produktivitas menangkap ikan di laut.

"Kami sangat mengapresiasi inovasi dari teman-teman di XL yang melahirkan aplikasi digital mFish ini. Aplikasi ini menunjukkan kepada kita bahwa teknologi digital memiliki manfaat bagi siapa saja," kata Rudiantara, dalam keterangan pers yang diterima di Surabaya, Selasa.

Rudiantara, usai kunjungannya ke Pondok Perasi Ampenan, Lombok untuk berdiskusi mengenai aplikasi ini dengan nelayan setempat mengatakan tujuan dikembangkannya aplikasi ini sesuai dengan visi pemerintah, yakni menggerakkan industri digital nasional untuk mendukung percepatan pembangunan dan ikut memajukan perekonomian rakyat.

Sementara itu, Regional Sales Manager Nusa Tenggara Barat, Agus Setiawan Salim mengaku cukup bangga bisa bertemu dan berbincang dengan Menkominfo tentang aplikasi M-Fish, yakni layanan digital yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat, terutama masyarakat kecil agar bisa lebih produktif.

"Tujuan aplikasi ini seiring dengan visi pemerintah untuk menyediakan Desa Broadband Terpadu di berbagai penjuru tanah air, aplikasi dari XL ini telah memberikan manfaat bagi masyarakat nelayan di Desa Pondok Perasi Ampenan, dan sudah merasakannya," katanya.

Ia menjelaskan, melalui aplikasi ini nelayan bisa mendapatkan berbagai informasi pokok untuk bekal melaut, seperti arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, cuaca secara umum, lokasi keberadaan plankton, serta penunjuk arah pulang.

"Selebihnya, aplikasi ini juga bisa membantu mereka dari sisi keselamatan, budi daya perikanan, harga ikan di pasar, dan juga pelestarian lingkungan," katanya.

Agus mengatakan, dalam pengembangan aplikasi ini XL telah memanfaatkan potensi industri dalam negeri, seperti penyediaan ponsel pintar produk dalam negeri.

"Kami juga bekerja sama dalam hal penyediaan data terkait cuaca dengan Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), dan kerja sama dengan Kementrian Kelautan dan Perikanan, sebagai instansi yang paling berwenang dalam masalah perikanan laut," katanya.

Agus mengaku, PT XL Axiata Tbk atau XL akan terus mengembangkan sejumlah layanan digital lainnya agar bisa dinikmati manfaatnya oleh pelanggan dan masyarakat.

"Beberapa aplikasi yang telah kami luncurkan sebelumnya adalah layanan untuk segmen perempuan Sisternet dan aplikasi hiburan Gudang Aplikasi yang memiliki manfaat sosial bagi masyarakat, dan bekerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah," katanya.

Agus mengatakan XL akan terus berkomitmen mendukung "Indonesia Broadband Plan" untuk mendorong percepatan pembangunan di beberapa pelosok daerah, salah satunya melalui program "Desa/Kota Pintar" yang sudah mulai direalisasikan XL di sejumlah daerah.

Pewarta: Abdul Malik Ibrahim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016