Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, bertemu dengan Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, di sela konferensi tingkat menteri Organisasi Kerja sama Negara-negara Islam (OKI), di Jeddah, Arab Saudi, Kamis, dan kedua pihak sepakat meningkatkan kerja sama mengatasi dan memberantas terorisme.

Keterangan dari Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Jumat, menyatakan, keduanya juga sependapat terus mendorong komunikasi lebih intensif antar badan intelijen dan penegak hukum kedua negara guna meningkatkan kerja sama intelijen dan tukar informasi.

Terkait situasi di Timur Tengah, Marsudi dan Cavusoglu menekankan pentingnya hubungan damai antara Arab Saudi dan Iran bagi stabilitas dan keamanan regional.

Mereka menilai hubungan baik kedua negara, Arab Saudi dan Iran, dibutuhkan dalam upaya mengatasi berbagai konflik serta bahaya terorisme dan ekstrimisme di kawasan Timur Tengah.

Terkait hal itu, Cavusoglu menyambut baik inisiatif yang telah diambil pemerintah Indonesia untuk berkontribusi aktif dalam upaya menciptakan perdamaian dan stabilitas di kawasan Timur Tengah.

Menurut dia, upaya Marsudi membangun rasa saling percaya antara negara-negara di Timur Tengah akan memberikan energi positif terhadap keadaan di kawasan tersebut.

Selain dengan Cavusoglu, Marsudi juga membahas perkembangan situasi di Timur Tengah dengan Sekretaris Jenderal OKI, Iyad Ameen Madani.

Dalam pertemuan dengan Madani, Marsudi mengharapkan negara-negara anggota OKI meningkatkan kontribusinya dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah, kawasan dengan mayoritas penduduk Islam.

Marsudi juga berharap OKI dapat mendorong kerja sama antara negara-negara Islam, terutama dalam mempromosikan Islam yang rahmatan lil alamin.

Selain membahas perkembangan di kawasan Timur Tengah, beberapa isu yang juga menjadi perhatian adalah peningkatan kerja sama bilateral antar sesama negara anggota OKI serta upaya memerangi radikalisme dan terorisme.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2016