Program transmigrasi telah menjadi peletup lahirnya kota-kota baru di Tanah Air. Daerah yang sebelumnya tertingal dan tak tersentuh pembangunan, kini tumbuh menjadi daerah maju melalui program transmigrasi,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan transmigrasi menjadi alat pemerataan pembangunan.

"Program transmigrasi telah menjadi peletup lahirnya kota-kota baru di Tanah Air. Daerah yang sebelumnya tertingal dan tak tersentuh pembangunan, kini tumbuh menjadi daerah maju melalui program transmigrasi," ujar Marwan di Jakarta, Senin.

Transmigrasi menjadi alat untuk menyebar pembangunan hingga merata ke seluruh negeri. Banyak daerah yang semula tidak terjangkau pembangunan, saat ini sudah makmur dan akan menjadi kota-kota baru yang maju.

Hingga pemerintah telah membangun 3.608 satuan permukiman (SP) transmigrasi yang berada di 619 kawasan transmigrasi, diantaranya telah berkembang menjadi pusat-pusat pertumbuhan baru berupa 1.183 desa definitif, 385 bekas satuan permukiman transmigrasi berkembang menjadi ibu kota kecamatan, 104 bekas satuan permukiman transmigrasi mendukung terbentuknya ibu kota kabupaten, serta dua ibu kota provinsi.

Dengan berkembangnya pusat-pusat pertumbuhan baru tersebut, lanjut dia, aktivitas sosial ekonomi menjadi semakin hidup dengan tersedianya peluang usaha dan kesempatan kerja yang menyerap kurang lebih empat juta tenaga kerja.

"Kemudian, terbentuknya 10.368 wirausaha transmigrasi mandiri ini tergabung dalam 22 Himpunan Wirausaha Transmigrasi (HW-Trans). Kemudian berkembang juga lembaga-lembaga sosial ekonomi sehingga lebih mempercepat kesejahteraan masyarakat," jelas dia.

Transmigrasi berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi dengan mewujudkan kawasan transmigrasi sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Infrastruktur di kawasan transmigrasi juga berkembang pesat.

"Ini semua akan mempercepat dan mendorong terwujudnya pusat-pusat pertumbuhan baru. Transmigrasi ini sangat besar andilnya bagi pembangunan Indonesia yang merata dan berkeadilan," kata dia.

Program transmigrasi juga berkontribusi dalam penyediaan pangan melalui intensifikasi dan ekstensifikasi areal pertanian dan peningkatan produksi menjadi kawasan atau daerah lumbung pangan.

Marwan berharap program transmigrasi ini didukung pihak-pihak terkait lain, terutama pemerintah daerah dan kementerian/lembaga lainnya sesuai bidangnya.

"Ini bukti nyata bahwa transmigrasi ini sangat penting bagi kemajuan Indonesia. Mari kita semua sama-sama ikut mendorong agar program transmigrasi terus dikembangkan sehingga Indonesia akan segera maju," ujar dia.

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015