Berlin (ANTARA News) - Aktris Meryl Streep, yang dalam 40 tahun kariernya belum pernah menjadi juri di festival film, akan menjadi juri kepala Festival Film Internasional Berlin ke-66 yang akan dimulai 11 Februari.

"Menyenangkan kembali ke festival dalam situasi apa pun, namun dengan senang hati dan antisipasi, saya menanti tugas sebagai juri," kata Streep dalam pernyataan yang dikeluarkan festival yang juga dikenal sebagai Berlinale, tempat dia memenangi penghargaan tahun 2003.

"Tanggung jawab ini sebenarnya menakutkan karena saya belum pernah menjadi ketua apa pun sebelumnya. Saya harap saya bisa mengimbangi juri terdahulu. Bersyukur untuk kehormatan ini," katanya seperti dikutip kantor berita Reuters.

Streep mendapat penghargaan Silver Bear tahun 2003 bersama Julianne Moore dan Nicole Kidman untuk penampilan mereka di "The Hours".

Pada 2012, Berlinale memberi dia penghargaan lifetime achievement dan menampilkan beberapa filmnya.

"Meryl Streep adalah salah satu seniman yang kreatif dan multitalenta. Untuk menandai antusiasme kami pada bakatnya yang luar biasa, kami menghargainya dengan Honourary Golden Bear pada 2012 untuk pencapaiannya selama hidup," kata Direktur Berlinale Dieter Kosslick.

"Saya sangat senang dia kembali ke Berlin dan dengan pengalaman artistiknya akan mengepalai Juri Internasional," katanya.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015