Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 155 pesawat TNI AU dari berbagai jenis, akan dikerahkan guna memeriahkan upacara peringatan HUT ke-70 TNI, yang puncaknya dipusatkan di dermaga Indah Kiat, Cilegon, Banten, pada 5 Oktober 2015

Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsekal Pertama TNI Dwi Badarmanto, di Jakarta, Selasa, mengatakan, pesawat-pesawat terbang militer itu akan melaksanakan berbagai misi, seperti demonstrasi Operasi Udara Gabungan TNI, terbang lintas, aerobatik, SAR Tempur serta penarikan bendera.

Pada demo operasi udara gabungan, kata dia, 24 pesawat dikerahkan, yaitu 16 pesawat tempur (enam pesawat F-16 Fighting Falcon, enam Sukhoi Su-27/30 Flanker, dan empat T-50i Golden Eagle. Semuanya akan mendemonstrasikan serangan udara strategis dalam operasi khusus.

Sedangkan dua pesawat C-130 Hercules akan mendukung pelaksanaan penerjunan perahu karet dan dua pesawat CN-295 mendukung terjun bebas.

Tidak lupa helikopter-helikopter dan pesawar turboprop EMB-314 Super Tucano. Dipertunjukkan juga kebolehan goodwill ambassador TNI AU, tim aerobatik Jupiter. 

"Sebagai dukungan udara akan dilaksanakan dua pesawat tempur F-16 Fighting Falcon," kata dia.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2015