Amerika Serikat (ANTARA News) - Anak perempuan aktor Paul Walker, yang meninggal dunia dalam kecelakaan mobil sport Porsche di California dua tahun lalu, mengajukan gugatan terhadap perusahaan mobil tersebut di Los Angeles pada Senin menurut catatan pengadilan.

Meadow Walker dalam gugatan itu mengklaim bahwa pembuat mobil menghemat dalam fitur-fitur keamanan mobil, yang bisa sepenuhnya mencegah kecelakaan itu atau setidaknya menjaga Walker tetap hidup.

Paul Walker adalah penumpang Porsche Carrera GT tahun 2005 yang dikemudikan oleh Roger Rodas, yang kehilangan kendali kendaraan sebelum mengemudikannya ke arah pepohonan dan tiang di Santa Clarita, barat laut Los Angeles, dan menewaskan kedua pria itu pada November 2013.

Gugatan itu menyatakan Porsche AG (PSHG_p.DE) tahu mobil model itu punya "sejarah masalah ketidakstabilan dan kontrol" dan menambahkan bahwa kait sabuk pengaman di dekat bahu akan tertarik ke arah kompartemen mesin sedang kait di kursi tetap pada tempatnya saat mobil mengalami kecelakaan.

"Ini menghantam tubuh Walker dengan kekuatan ribuan pound, sehingga mematahkan tulang rusuk dan panggulnya, membuat kursinya rata dan dia terjebak dalam posisi telentang, di mana dia masih hidup sampai kendaraannya terbakar satu menit dan 20 detik kemudian," kata gugatan itu seperti dikutip kantor berita Reuters.

"Tanpa cacat ini di Porsche Carrera GT, Paul Walker akan tetap hidup hari ini," kata pengaduan itu, menyitir rancangan sabuk pengaman dan masalah lainnya.

Porsche tidak bisa segera dihubungi untuk dimintai komentar pada Senin. Tapi kuasa hukum perusahaan mobil Jerman itu menyatakan pada April bahwa Rodas disalahkan atas kecelakaan yang diikuti dengan pengajuan gugatan jandanya ke unit perusahaan itu di Amerika Utara tahun lalu.

Pengacara perusahaan itu kemudian membantah bahwa ada cacat dalam mobil itu.

Kematian Walker pada usia 40 tahun sempat menghambat produksi "Fast & Furious 7", film terakhir dari serial tentang balap mobil ilegal yang membantu mempopulerkan namanya.

Los Angeles Times melaporkan bahwa Los Angeles County Sheriff dan Patroli Jalan Raya California menemukan laju yang tidak aman sebagai penyebab kecelakaan itu, bukan masalah mesin. Koran itu mengatakan para penyelidik membuat determinasi tersebut setelah berkonsultasi dengan teknisi Porsche.


Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2015