Los Angeles (ANTARA News) - Bintang "Iron Man" Robert Downey Jr dinobatkan sebagai aktor berpenghasilan terbesar di dunia oleh Forbes setelah menempati posisi pertama pada daftar yang berisi pria-pria Bollywood dan Bollywood untuk pertama kalinya.

Downey (50) berpendapatan sekitar 80 juta dolar AS antara Juni 2014 dan Juni 2015 berkat sukses film superhero "Avengers: Age of Ultron" yang meraup lebih dari 1,3 miliar dolar AS di seluruh dunia.

Peringkat kedua ditempati aktor veteran Tiongkok dan bintang seni bela diri Jackie Chan (61) yang disebut Forbes telah mendapatkan 50 juta dolar AS tahun lalu dari film kerjasama Hollywood dan Tiongkok seperti "Dragon Blade" serta penjualan pernak-pernik.

Sandler (48) yang film terbarunya "Pixels" mendapat hasil mengecewakan pada box office global masih mendapatkan penghasilan 14 juta dolar AS tahun lalu, sebagian karena produksi bersama studio Sony dan Netflix.

Aktor Bollywood Amitabh Bachchan, Salman Khan dan Akshay Kumar dari sinema India juga menempati daftar 10 teratas, Bachchan (72) dan Khan (49) sama-sama menempati posisi tujuh dengan pendapatan masing-masing 33,5 juta dolar AS. Kumar (47) berada pada posisi 9 dengan 32,5 juta dolar AS.

Forbes mengumpulkan daftar pendapatan dari sumber seperti Nielsen, Box Office Mojo dan IMDB dan menghitung pendapatan dengan mengurangi estimasi pajak dan biaya manajemen. Forbes akan mempublikasikan daftar aktris berpenghasilan terbesar dalam waktu dekat, demikian Reuters.

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015