Saya ucapkan terima kasih untuk semua yang telah bersedia mengantarkan kami ke KPU
Surabaya (ANTARA News) - Pasangan calon wali kota dan akil wali kota Surabaya, Tri Rismaharini-Wisnu Sakti Buana (Risma-Wisnu) resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Surabaya pada hari pertama pendaftaran, Minggu, dengan menaiki becak dan diantar ratusan masa PDIP.

Risma-Whisnu berangkat menggunakan becak dengan diiringi musik patrol dan mengenakan batik berwarna merah bermotif.

Puluhan atribut pedagang makanan khas Surabaya, yakni Pecel Semanggi juga diikutkan untuk mengawal Risma-Wisnu mendaftar.

"Saya ucapkan terima kasih untuk semua yang telah bersedia mengantarkan kami ke KPU. Kami meminta doa restu agar Pilkada Surabaya lancar sehingga mendapatkan pemimpin dengan jalan yang baik," kata Risma kepada ratusan simpatisan dan kader.

Risma berpesan pada pendukungnya untuk tetap berjalan dengan tertib. "Saya minta tolong dijaga di jalan. Jangan terjadi sersuatu apa pun di jalan," katanya.

Ketua Tim Pemenangan DPC PDIP Surabaya Syaifudin Zuhri mengaku sengaja menjadi parpol pertama yang mendaftarkan calonnya untuk menstimulasi  partai lain mendaftarkan calonnya.

"Ini semata-mata memberikan respons ke partai lain untuk segera memunculkan pasangan calon lain," katanya.

Risma dan Whisnu disambut para komisioner KPU Surabaya dan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Surabaya. Selain itu, Komisioner KPU RI Arif Budiman juga hadir untuk memantau.

Ketua KPU Surabaya Robiyan Artifin mempersilakan pasangan calon menyerahkan berkas pendaftaran sampai 3 Agustus.

"Sesuai dengan UU No 8 tahun 2015, Pilkada dilkakukan serentak," ujarnya.









Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015