Blitar, Jawa Timur (ANTARA News) - Warga Kabupaten dan Kota Blitar yang sedang beristirahat di rumah, Minggu sekitar pukul 14.05 WIB dikejutkan oleh gempa berkekuatan 6,3 skala Richter yang membuat mereka panik dan berhamburan ke luar rumah untuk mencapai jalan atau ruang-ruang terbuka.

Di kompleks Perumahan Pondok Delta Jengglong, Kelurahan Kaweron, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, ratusan penghuni kompleks ini segera berhamburan ke jalan di depan rumah mereka begitu gempa mengguncang daerah ini.

Di perumahan yang umumnya sudah tidak menyisakan ruang terbuka ini, warga yang panik saling bertutur soal guncangan gempa yang lumayan keras dan lama, hingga menimbulkan bunyi seperti terpaan angin kencang.

Tapa, seorang penyandang tuna netra di perumahan tersebut, yang dalam tempo singkat sudah berada di jalan depan rumahnya dibimbing oleh putranya. "Gempanya lumayan besar dan berlangsung cukup lama," kata Tapa.

Laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melaporkan, pada 26 Juli 2015 pukul 14:05:05 WIB terjadi gempa berkekuatan 6,3 skala Richter (SR) dengan lokasi 9.57 derajat Lintang Selatan - 112.64 derajat Bujur Timur pada kedalaman 10 kilometer, namun tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Gempa itu terjadi pada jarak 150 km barat daya Kabupaten Malang, 163 km tenggara Kabupaten Blitar, 168 km barat daya Lumajang, 253 km barat daya Surabaya, 748 km tenggara Jakarta.

Belum diperoleh laporan kerusakan bangunan atau korban akibat gempa bumi ini.


Pewarta: Tunggul Susilo
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2015