Perth (ANTARA News) - Masyarakat Muslim Indonesia di Perth, Australia Barat, melangsungkan shalat Idul Fitri 1436 Hijriah pada Jumat pagi di ruang multiguna Kent Street Senior High, Kensington, Perth, Australia.

Hadir menjadi imam shalat Nur Rafiq PhD dari UIN Kalijaga, Yogyakarta. Sementara khutbah Idul Fitri dengan tema "Menjalin Ukhuwah" dibawakan oleh Profesor Raihani.

Ceramah mengingatkan jamaah untuk menauladani Rasulullah dan para Sahabat dalam membina persaudaraan terhadap sesama Muslim.

Selama bulan Ramadhan tahun ini, komunitas Indonesia bersama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Perth, Australia Barat, telah menggelar berbagai acara di antaranya buka puasa bersama di setiap hari Minggu dan shalat tarawih di Bentley community center.

Untuk acara buka puasa, KJRI Perth turut mendanai 4.000 dolar. KJRI juga penyumbang 400 dolar untuk mengundang para ustadz dan ustadzah dari Indonesia.

Sementara itu turut pula disampaikan informasi pengumpulan dana zakat, infaq, dan sekedah yang mencapai 28.040 dolar Australia, dengan 17.000 dolar bersumber dari zakat mal.

Dana yang berhasil digalang itu disalurkan untuk mereka yang berhak menerima di Tanah Air, melalui berbagai lembaga amil dan zakat antara lain PKPU, Dompet Dhuafa, dan Rumah Zakat.

Pewarta: Ella Syafputri
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2015