Yogyakarta (ANTARA News) - Salah satu tujuan wisata utama di Yogyakarta Gembira Loka Zoo terus melakukan berbagai pembenahan guna menghadapi libur Lebaran, mulai dari menyiapkan lokasi parkir baru hingga melakukan pengecatan ulang di berbagai wahana.

"Persiapan menghadapi libur Lebaran sudah dilakukan sejak awal bulan puasa," kata Kepala Bidang Rekreasi Gembira Loka Zoo Hery Dharma di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, berbagai fasilitas atau wahana di Gembira Loka Zoo seperti "speed boat" dan becak air dicat ulang, sedangkan jalur masuk pengunjung dipasangi umbul-umbul agar suasana semakin meriah.

Pagar di jalur masuk pengunjung yang semula menggunakan kawat strimin juga sudah diganti dengan pagar bambu agar terlihat lebih alami.

"Hiasan bernuansa Lebaran akan dipasang di berbagai lokasi agar suasana libur Lebaran benar-benar bisa dirasakan pengunjung," katanya.

Selain itu, GL Zoo menyiapkan tambahan akses masuk di pintu sisi barat yang dibangun sejak 1,5 bulan lalu. Pintu sisi barat dibuka untuk memecah kepadatan pengunjung di pintu masuk utama. Akses masuk baru itu dilengkapi dengan tiga loket dan satu loket tambahan untuk rombongan.

Area di sekitar pintu masuk sisi barat juga dilengkapi dengan lokasi parkir kendaraan yang ditargetkan siap menampung kendaraan saat libur Lebaran. Dana yang dibutuhkan untuk pembangunan mencapai Rp1 miliar.

Selama musim libur Lebaran, rata-rata pengunjung yang datang bisa mencapai sekitar 20.000 wisatawan dalam satu hari. Sepanjang 2014, jumlah pengunjung GL Zoo mencapai 1,7 juta wisatawan dan pada tahun ini ditargetkan naik menjadi 1,9 juta wisatawan.

Saat ini, GL Zoo memiliki koleksi 1.764 satwa termasuk tambahan satwa baru yaitu Lesser Flamingo. Pinguin Jack Ass menjadi salah satu koleksi primadona di kebun binatang itu.

Sebelumnya, Direktur Utama GL Zoo KMT Tirtodiprojo berharap seluruh karyawan memberikan pelayanan terbaik kepada pengunjung sejak dari pintu masuk hingga di dalam area kebun binatang.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015