Saya menyesal atas kejadian ini. Sayangnya, hasil kerja Guus tidak terlihat langsung di mata orang-orang, kami berterima atas usaha Guus."
Den Haag (ANTARA News) - Guus Hiddink resmi mundur dari jabatan pelatih kepala tim nasional Belanda mulai 1 Juli 2015, demikian pengumuman di situs resmi Asosiasi Sepak Bola Belanda (KNVB), Senin malam waktu setempat.

KNVB dan Guus Hiddink sepakat mengakhiri kontrak yang di mulai pada 1 Agustus 2014 sampai Piala Eropa Prancis 2016 karena ketidakpuasan dari asosiasi itu.

"Saya menyesal atas kejadian ini. Sayangnya, hasil kerja Guus tidak terlihat langsung di mata orang-orang, kami berterima atas usaha Guus," ungkap Bert van Oostveen Direktur Asosiasi Sepak Bola Profesional Belanda di situs resmi KNVB baru-baru ini.

Di sisi lain Guus mengakui kekurangannya dan berharap pelatih lain bisa mewujudkan target yang diberikan Belanda.

"Saya minta maaf harus mundur dengan cara ini. Saya menganggap sebuah kehormatan menjadi pelatih tim nasional Belanda, dan saya harap pengganti saya, staf dan skuad meraih keberhasilan menuju kualifikasi Piala Eropa Prancis," kata Hiddink.

Para staf kepelatihan Belanda akan tetap bekerja untuk KNVB sehingga asosiasi hanya perlu mencari pelatih kepala baru untuk timnas Belanda.

Pada kualifikasi Piala Eropa 2016, Belanda tercecer di peringkat tiga grup A dengan 10 poin sementara pemuncak grup ditempati Irlandia dengan 16 poin disusul Republik Ceko dengan 13 poin

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2015