Jakarta (ANTARA News) - Network For Education Watch Indonesia (NEW Indonesia) atau Jaringan Pemantau Pendidikan Indonesia (JPPI) mengadakan Aksi Dan Pameran Foto Pendidikan New Indonesia 2015  dengan Tema “Potret Semangat Pendidikan di Indonesia.”

"Acara ini merupakan bagian dari gerakan Global Action Week, jadi di beberapa negara melakukan hal serupa tentang aksi pendidikan, dan kami juga melakukan hal yang sama setiap tahun," kata Abdul Waidl, Koordinator Nasional JPPI di Jakarta, Minggu.

Foto yang dipamerkan merupakan hasil dari lomba kreasi foto yang sudah dimulai pada 18 Mei 2015 hingga 31 Mei 2015 dengan dua kategori masyarakat umum dan kategori pelajar.

"Dari umum kami mendapatkan 302 foto, dari pelajar 57 foto, kemudian pelajar dan umum itu kita buat nominasi, mana yang terbaik dapatkan 20 nominasi," ujar Abdul.

Lomba Foto ini memperebutkan hadiah dengan total Rp15 juta dengan rincian untuk masing-masing kategori pelajar dan masyarakat umum, Juara Pertama Rp3 juta, Juara Kedua Rp2juta, Juara Ketiga Rp1 juta dan Juara Favorit untuk satu orang sebesar Rp1,5 juta.

"Tahun lalu JPPI menggelar jambore untuk difabel, tahun ini kami memotret akses pendidikan Indonesia," sambung Abdul mengenai acara yang juga berkaitan dengan Hari Pendidikan Nasional itu.

Sebagian besar foto yang dikirimkan berisi soal realitas di masyarakat yang kesulitan dalam soal fasilitas berupa keterbatasan sarana dan prasarana bangunan sekolah.

Selain memamerkan 20 Foto nominasi, GAW 2015 juga menampilkan Performance Art anak-anak didik dari Yayasan Pendidikan Anak Remaja Indonesia (YAPARI) dan REMALIA dari Yayasan Aulia. Dalam GAW 2015 tersebut juga ditampilkan Pembacaan Aspirasi Anak Indonesia untuk Pendidikan.

Di samping itu, acara ini juga sebagai aksi berupa penampungan tanda tangan dukungan dan harapan masyarakat untuk menyalurkan asprirasi baik kritik maupun saran terhadap pemerintah dan praktisi pendidikan untuk kemajuan pendidikan di indonesia.

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2015