Perbaikan tanggul jebol di Desa Bogangin, segera dilaksanakan

Bojonegoro (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, mendistribusikan 2.000 karung untuk dimanfaatkan memperbaiki tanggul jebol disebabkan banjir bandang di Desa Bogangin, Kecamatan Sumberrejo dan Desa Simbatan, Kecamatan Kanor.

"Perbaikan tanggul jebol sepanjang 100 meter di Kali Mekuris di Desa Simbatan, Kecamatan Kanor, sudah selesai," kata Kasi Sarana dan Logistik BPBD Bojonegoro, M.Z. Budi Mulyono, di Bojonegoro, Selasa.

Tapi, lanjut dia, perbaikan tanggul jebol sepanjang 170 meter di Kali Mekuris, di Desa Bogangin, Kecamatan Sumberrejo, akan segera dilaksanakan.

"Perbaikan tanggul jebol di Desa Bogangin, segera dilaksanakan, sebab sebanyak 1.000 karung sudah kita distribusikan ke desa," jelas dia.

Ia juga menyebutkan BPBD masih memiliki persediaan sekitar 10.000 karung, untuk penanganan darurat tanggul jebol di daerahnya selama musim hujan.

"Kalau memang kurang kita akan meminta bantuan ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bengawan Solo, yang juga memiliki persediaan karung," tandasnya.

Secara teknis, lanjut dia, perbaikan tanggul jebol dilakukan dengan menutup karung yang diisi tanah atau pasir.

Berdasarkan data BPBD, banjir bandang yang melanda dua desa di Kabupaten Bojonegoro dua hari lalu, mengakibatkan 454 rumah terendam air, dan 116 hektare tanaman padi rusak diterjang air.
(Ikuti di sini, 5 hektare sawah terendam)

"Besarnya kerugian banjir masih dihitung kecamatan," kata Kasi Pencegahaan dan Kesiapsiagaan BPBD Bojonegoro Sukirno.

(KR-SAS)



Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2015