seharusnya tidak perlu terjadi bila petugas patroli dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjalankan tugasnya sesuai prosedur"
Bekasi (ANTARA News) - Kepolisian Sektor Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, tengah memburu pelaku pencurian besi pengikat bantalan rel kereta di daerah itu.

"Dari hasil pendataan kami, ada puluhan besi rel yang hilang di sepanjang lintasan yang menghubungkan Karawang dan Kabupaten Bekasi," kata Anggota Reskrim Polsek Cikarang Timur, Bripka Samas, di Cikarang, Minggu.

Menurut dia, hilangnya besi pengikat bantalan rel itu berpotensi mengakibatkan kecelakaan sehingga perlu segera diungkap dan ditangkap pelakunya.

Menurut dia, ada unsur kesengajaan dalam hilangnya besi pengikat bantalan rel tersebut.

Kondisi itu nampak dari cara pelaku mencuri besi dengan memanfaatkan sejumlah alat untuk melepasnya dari ikatan rel.

"Pencurian bantalan rel ini seharusnya tidak perlu terjadi bila petugas patroli dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) menjalankan tugasnya sesuai prosedur," katanya.

Menurut dia, kasus demikian bukan kali pertama terjadi di wilayah hukum setempat.

"Pelakunya adalah orang sudah terlatih dan biasa mencuri bantalan rel ini. Sebab, aksi yang mereka lakukan sama sekali tidak diketahui warga," katanya.

Upaya penelusuran yang dilakukan pihaknya adalah dengan memeriksa keterangan sejumlah saksi dan juga bukti dari lokasi pencurian.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2015