Kami nyatakan saat ini berstatus waspada hingga 14 Januari 2015. Nelayan perlu meningkatkan kehati-hatian saat melaut,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta mengimbau nelayan agar mewaspadai tingginya gelombang di perairan laut selatan daerah itu yang saat ini diperkirakan mencapai 3,5 meter hingga lima hari ke depan.

"Kami nyatakan saat ini berstatus waspada hingga 14 Januari 2015. Nelayan perlu meningkatkan kehati-hatian saat melaut," kata Staf Seksi Data dan Informasi BMKG Yogyakarta Indah Retno Wulan di Yogyakarta, Jumat.

Dia mengatakan gelombang laut dikatakan masih dalam kategori normal apabila masih mencapai setengah meter dari permukaan laut. Sementara lebih dari 2 meter dinyatakan masuk waspada.

Menurut Retno tinggi gelombang di perairan laut selatan DIY tersebut dipicu adanya gangguan cuaca jangka pendek berupa daerah tekanan rendah di utara Australia yang menyebabkan kecepatan angin mencapai 40 kilometer (km) per jam di perairan, sementara di daratan bisa mencapai 30 km per jam.

Sementara ia mengatakan tinggi gelombang tersebut tidak berhubungan dengan musim hujan yang diperkirakan akan mencapai puncaknya pada akhir Januari hingga awal Februari 2015. Saat ini curah hujan telah mencapai 50 mili meter (mm) per dasarian, namun masih belum merata.

Selain itu, kata dia, arus bawah laut di titik-titik tertentu seluruh pantai di DIY juga perlu diwaspadai oleh wisatawan yang hendak mengunjungi kawasan pantai sebab memiliki arus cukup deras.

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2015