Saya masih ingat pesan Gus Dur, be your self and do the best,"
Cianjur (ANTARA News) - Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa berpesan kepada generasi muda Indonesia untuk tetap menjadi diri sendiri atau be your self dan mampu melakukan yang terbaik (do the best).

"Saya masih ingat pesan Gus Dur, be your self and do the best," katanya saat memberi sambutan pada peresmian panti rehabilitasi Yayasan Penuai Indonesia di Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu.

Menjadi diri sendiri penting bagi generasi muda agar tidak mudah mencontoh hal yang buruk di lingkungannya dan melakukan yang terbaik bagi diri dan bangsa,

Khofifah mengatakan, memang masa di mana anak muda sedang melakukan hal yang sensasional dan imitatif sehingga menggunakan narkoba, minum-minuman beralkohol dianggap hebat.

"Yang saya takut perilaku imitatif. Mereka melihat mereka merasa jago kalau minum, pakai narkoba. Jadi lingkungan itu penting, kita tidak tahu apa yang dilakukan anak di luar rumah, di luar sekolah. Saya minta kepada orang tua untuk terus mendukung anaknya untuk menjadi diri sendiri," tambah Khofifah.

Untuk itu, semua pihak diminta menyatakan perang terhadap napza. Juga, melakukan pendekatan community base, sebagai langkah penanganan dan kontrol atas pergerakan peredaran napza yang sangat masif dan sistematis.

Di Indonesia pengguna Narkotika, Alkohol, Psikotropika, dan Zat Adiktif (Napza) tercatat 4 juta orang. Menyasar semua umur, profesi, status sosial, mulai dari rakyat biasa hingga pejabat negara.

Saat ini peningkatan pengguna napza terutama di kalangan generasi muda semakin memprihatinkan.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014