Jakarta (ANTARA News) - Di antara aneka makanan khas Negeri Ginseng yang ada di Korea-Indonesia Festival 2014, ada beberapa yang mirip dengan kue tradisional Indonesia, termasuk di antaranya kkul tteok, yang mirip klepon minus parutan kelapa.
 
Seperti klepon, kkul tteok juga terbuat dari tepung beras yang dibentuk menjadi bola-bola kecil dan diberi isian manis.

Bedanya, bila klepon hanya berwarna hijau, kkul tteok punya tiga macam warna yaitu hijau, merah muda dan putih. Pewarnanya terbuat dari bahan alami yaitu daun pandan dan stroberi.

Menurut Kim, pemilik toko kue Korea di Jakarta, kkul tteok isinya gula dan wijen. Rasanya manis, meski tidak semanis gula merah yang mengisi klepon.

Kim, yang telah lima tahun membuka toko di Jakarta, juga menjual beberapa jenis kue lain di stan Korea-Indonesia Festival 2014 di Lotte Shopping Avenue, Jakarta, Jumat (3/9).

Ada mujigae tteok yang arti harafiahnya kue pelangi. Bentuknya seperti kue kukus dengan lapisan warna-warni. Juga ada baekseolgi, kue beras berbentuk kotak berwarna putih.

Kim mengatakan kue buatannya banyak diminati warga Korea yang tinggal di Jakarta. Semua kue sebagian besar dibuat dengan bahan-bahan yang ada di Indonesia.

"Ada juga bahan yang impor," ujar dia.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014