Jakarta (ANTARA News) - Markplus Inc, Korps Lalu Lintas Polri, dan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia memberikan penghargaan kepada tiga merek mobil dalam kategori "gold".

"Kategori gold diberikan karena memiliki skor perlindungan konsumen tertinggi," kata Chief Executive MarkPlus Insight Taufik di JI Expo Jakarta, Jumat.

Ketiga merek tersebut adalah Toyota, Ford, Honda, dan Mazda. Masing-masing memperoleh skor yaitu Toyota 80,65; Ford 76,73; Honda 75,71; dan Mazda 75,62. Selain itu untuk kategori Silver diraih Kia (73,15), Daihatsu (72,75), Suzuki (72,34), dan Nissan (71,93).

Kategori Bronze diraih merek Chevrolet (68,68), Isuzu (68,28), dan Mitsubishi (67,48).

Menurut Taufik pemberian penghargaan itu diharapkan industri otomotif dalam mengedukasi dan melindungi konsumen.

Dia mengatakan Indeks Perlindungan Konsumen Otomotif itu diukur berdasarkan penilaian terhadap upaya sosialisasi produsen atas enam dimensi keselamatan berkendara.

Keenam dimensi itu menurut Taufik yaitu keamanan kendaraan, gangguan berkendara, kondisi kendaraan, kecepatan mengemudi, batas muatan dan pengaruh alkohol yang masing-masing dilihat pada tiga titik sentuh yaitu program komunikasi, penjelasan tenaga penjualan, serta penjelasan personil bengkel.

"Penghargaan ini diharapkan dapat memberi motivasi dan kebanggan bagi pemain dalam industri otomotif nasional," ujarnya.

Survei dilakukan terhadap pengemudi kendaraan bermotor di daerah Jabodetabek, Medan, Bandung, Surabaya, dan Makassar yang melibatkan 450 responden yang dipilih dengan metode quota sampling pada bulan Juni-Juli 2014.

Pemberian penghargaan itu dihadiri Kepala Korlantas Polri Irjen Condro Kirono, Ketua IIMS Johnny Darmawan, Vice President PT Toyota Astra Motor Suparno Djasmin, Marketing Director PT Toyota Astra Motor Rahmat Samulo, Chairman of Expert Panel Marketeers Jacky Mussry, dan berbagai perwakilan Agen Tunggal Pemegang Merek penerima penghargaan.
Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014