Kedatangan bus sekarang tepat waktu karena Jembatan Comal telah diperbaiki."
Jakarta (ANTARA News) - Kedatangan bus antarkota asal Jawa Timur (Jatim) mendominasi arus balik di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Rabu atau dua hari setelah (H+2) Lebaran.

"Seperti arus mudik, arus balik juga didominasi dari Jawa Timur, misalnya Surabaya dan Malang, serta Wonosobo di Jawa Tengah," kata Aslan, karyawan Perusahaan Otobus (PO) Pahala Kencana.

Ia menyatakan, waktu perjalanan bus dari PO Pahala Kencana telah berjalan normal karena telah diperbaikinya Jembatan Comal di Pemalang, Jawa Tengah.

"Kedatangan bus sekarang tepat waktu karena Jembatan Comal telah diperbaiki. Namun, sebelum diperbaiki, bisa dua hari satu malam baru sampai Kalideres," katanya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Putra, karyawan PO Damri. Dia mengatakan bahwa bus yang datang di Kalideres didominasi oleh bus dari Jawa Timur.

Menurut dia, dominasi bus dari Jawa Timur dikarenakan banyak pemudik yang memakai jasa busnya berasal dari Jawa Timur, misalnya dari Madiun, Kediri, Blitar, Malang, dan Purbalingga.

Menurut data di Terminal Kalideres pada Rabu mulai pukul 07.00 hingga13.00 WIB, bus yang datang di Kalideres sebanyak 142 bus dan jumlah pemudik yang datang sebanyak 720 orang.

Sebaliknnya, bus yang berangkat pada hari Rabu mulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB sebanyak 121 bus dan pemudik yang pergi sebanyak 539 orang.

Kepala Terminal Kalideres Djoko Soekarno mengatakan, puncak arus balik diperkirakan baru terjadi pada hari Sabtu dan Minggu (2 dan 3 Agustus 2014). (*)

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014