Denhaag (ANTARA News) - Tema "Wonderful Indonesia" memeriahkan Pasar Malam Tong Tong di Malieveld, Den Haag Belanda, sejak 29 Mei hingga 9 Juni.

"Antusiasme masyarakat Belanda untuk berlibur ke Indonesia tidak pernah surut," kata Kasubdit Promosi Wilayah Eropa Kemenparekraf, Agustini Rahayu, kepada Antara, Sabtu.

Ia mengatakan Kemenparekraf menyediakan 5.000 booklet pariwisata Indonesia dan 500 unit telah dibagikan kepada pengunjung pada hari pertama Pasar Malam Tong Tong.

Booklet itu berisi informasi umum mengenai Indonesia dalam Bahasa Belanda, tourist map, destinasi pariwisata di Sumatera, Jawa, Kalimantan-Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara, Maluku-Papua serta minat khusus seperti shopping, kuliner, adventure, dan spa, serta Travel Planner.

"Bahkan ada pengunjung yang ingin membeli booklet dan bertanya harganya," ujar Ayu Amelia yang menjaga stand Indonesia bersama Hendra.

Booth Wonderful Indonesia ditempati oleh industri pariwisata asal Indonesia seperti Synergy Ravelino, Antar Anda Tour & Travel, Vista Express Tour & Travel, Putri Gunung Resort Lembang, Rinjani Trekking, dan Garuda Indonesia.

Pemerintah daerah yang ikut serta berpromosi kebudayaan dan pariwisata di bawah koordinasi Kemenparekraf adalah Pemda Minahasa Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur dan Lampung.

Selain itu, dalam memberikan pelayanan informasi pariwisata, Kemenparekraf dibantu oleh perwakilan Visit Indonesia Tourism Officer (VITO) di Belanda.

Pada pameran yang berlangsung dari pukul 12.00-22.00 tersebut, Kemenparekraf mengirimkan tim kesenian Samba Sunda dan Dalang yang tampil di panggung utama Tong Tong Festival.

Berdasarkan data statistik dari Pusdatin Kemenparekraf, tercatat pertumbuhan kunjungan wisman Belanda ke Indonesia pada bulan Januari-Maret 2013 sebesar 29.861 dan mengalami pertumbuhan 11,87 persen pada tahun 2014 menjadi 33.405 wisman. 

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014