saya pergi tanpa ada sesal"
Seoul (ANTARA News) - Pesepakbola Korea Selatan Park Ji-sung hari ini mengumumkan pensiun dari karir sepakbolanya yang membuatnya sampai pada semifinal Piala Dunia 2002 dan menjadi orang Asia pertama yang bermain di final Liga Champions Eropa.

Industri, energi dan etos kerja Park membuatnya menjadi favorit Alex Ferguson selama membela Manchester United, sementara kiprahnya di Inggris dan Belanda melalui PSV Eindhoven telah menaikkan gengsi sepakbola Korea Selatan di dunia.

Pria berusia 33 tahun yang lebih dulu menyatakan pensiun dari timnas setelah Piala Asia 2011 itu menyatakan tidak dapat bermain pada tingkat tertinggi karena cedera lutut namun menegaskan dia meninggalkan sepakbola tanpa ada penyesalan.

"Saya tak menangisi karena soal itu kemarin, dan saya tak menangis oleh hal itu saat ini, itu berarti saya pergi tanpa ada sesal," kata dia dalam jumpa pers di Park Ji-sung Football Centre di Suwon di mana namanya diabadikan sebagai nama jalan.

"Saya menikmati bermain sepakbola. Saya telah mencapai lebih dari apa yang saya kira bisa capai. Saya sungguh berterimakasih atas semua dukungan yang saya terima dan saya akan hidup dengan memikirkan bagaimana saya membalas itu semua."

Setelah meninggalkan Manchester United pada 2012, Park bermain untuk Queen's Park Rangers namun menghabiskan musim lalu sebagai pemain berstatus pinjaman di PSV.

Cedera pada lututnya membuat dia absen lama dalam dua tahun terakhir, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014