Dengan ikut serta dalam kegiatan ini berarti peserta telah menyumbangkan 10 persen dari biaya pendaftarannya untuk program Adopsi Sungai...
Jakarta (ANTARA News) - Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) mengkampanyekan peduli Sungai Ciliwung lewat Run FoRiver yaitu kampanye dengan berlari lima km, 10 km dan 21 km.

"Ini sebuah program berkelanjutan dengan melibatkan banyak pihak untuk membuat Ciliwung bersih dan lebih baik, serta memberikan manfaat bagi masyarakat," kata Humas Mapala UI Half-Marathon Fariska Aryani dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

Kegiatan tersebut akan dilakukan pada 15 Juni 2014 di lingkungan Kampus UI dan terbuka bagi siapa saja mulai dari umum, mahasiswa, hingga pelajar.

Fariska memperkirakan 3.000 orang akan ikut serta dalam kegiatan tersebut. Pada 2013 Run FoRiver Mapala UI Half Maraton berhasil mengajak hampir 1.000 peserta.

"Dengan ikut serta dalam kegiatan ini berarti peserta telah menyumbangkan 10 persen dari biaya pendaftarannya untuk program Adopsi Sungai (River Adoption)," kata Fariska.

Sungai Ciliwung merupakan sungai yang memiliki sejarah panjang perkembangan masyarakat di sekitarnya. Meskipun demikian, kondisi Ciliwung saat ini memprihatinkan dan kompleks akan masalah, seperti sampah, erosi, sedimentasi, dan lain-lain.

Universitas Indonesia sebagai salah satu pihak yang menaungi Mapala UI memberikan dukungan atas program ini dengan mengadopsi salah satu wilayah yaitu Hulu Sungai Ciliwung.

Dengan mengikuti kegiatan ini, setiap pelari menyumbangkan satu bibit tanaman untuk ditanam dan dirawat oleh Mapala UI yang bertempat di Hulu Ciliwung, Cisarua.

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014