Kesejahteraan nelayan harus ditingkatkan, karena selama ini kehidupan mereka kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat,"
Pangkalpinang (ANTARA News) - Calon anggota legislatif (caleg) perempuan dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Wina Destika menyatakan akan berusaha meningkatkan kesejahteraan para nelayan di daerah itu.

"Kesejahteraan nelayan harus ditingkatkan, karena selama ini kehidupan mereka kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah setempat," ujar caleg DPRD Provinsi Babel dari daerah pemilihan Kabupaten Bangka Selatan itu di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, kehidupan para nelayan di daerah itu tidak ada yang di atas rata-rata. Terkadang hasil tangkapan mereka setiap hari hanya cukup untuk kehidupan sehari-hari.

"Para nelayan di Kabupaten Bangka Selatan juga banyak yang mengeluh dengan biaya melaut yang tinggi bila dibandingkan dengan hasil tangkapan mereka yang tidak terlalu banyak," ungkapnya.

Caleg muda yang baru berusia 23 tahun itu menambahkan, selain biaya melaut yang tinggi karena harga solar yang mahal, mereka juga harus melaut agak jauh akibat perairan sudah tercemar oleh aktivitas kapal hisap.

"Bila hal ini terus menerus terjadi dan tidak mendapatkan perhatian lebih dari Pemerintah, dikhawatirkan para nelayan di daerah itu akan beralih profesi menjadi penambang atau petani," katanya.

Untuk itu, jika terpilih menjadi anggota legislatif ia berkomitmen memperjuangkan kesejahteraan nelayan dengan berusaha mengadakan program bantuan bagi nelayan secara rutin.

"Program nelayan yang bisa diperjuangkan adalah dengan memberikan bantuan kapal berukuran besar yang bisa digunakan untuk melaut lebih jauh dan bisa menyimpan hasil tangkapan yang lebih banyak," katanya.

Selain itu, para nelayan juga berhak mendapatkan bantuan berupa biaya kehidupan selama musim gelombang tinggi yang menyebabkan mereka tidak bisa melaut, ujarnya menambahkan. (*)

Pewarta: Ongku Sutan Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014