Kami berharap masyarakat tersebut ikut aktif memberikan informasi sehingga memudahkan untuk melakukan pencarian
Jimbaran (ANTARA News) - Tim Pencarian dan Penyelamatan (SAR) Denpasar melibatkan masyarakat lokal dalam pencarian tujuh wisatawan Jepang yang hilang di perairan Nusa Lembongan, Kabupaten Klungkung, Bali, Jumat (14/2).

"Kami selalu melibatkan masyarakat lokal dalam penyelamatan kemanusian, namun tetap menggunakan standar penyelamatan internasional," kata Kepala Kantor SAR Denpasar Didi Hamzar di Jimbaran, Kabupaten Badung, Minggu.

Menurut dia, dalam pelibatan masyarakat lokal itu sangat efektif karena mereka lebih banyak mengetahui kondisi di daerah setempat. Mereka yang terlibat dalam pencarian tersebut yaitu warga di Kabupaten Badung, Gianyar, Klungkung, dan Nusa Penida.

"Kami berharap masyarakat tersebut ikut aktif memberikan informasi sehingga memudahkan untuk melakukan pencarian," ujarnya.

Walaupun dari hasil penyisiran pada hari ketiga belum menemukan hasil yang maksimal, pihaknya akan tetap berusaha untuk memperoleh kabar baik pada hari berikutnya.

Tujuh orang turis asal Jepang melakukan penyelaman pada Jumat (14/2) sekitar pukul 13.30 Wita di perairan utara Nusa Lembongan. Mereka menyewa satu unit kapal khusus dari Sanur, Denpasar, yang membawa turis ke Nusa Lembongan untuk melakukan aktivitas wisata bawah laut. Namun, hingga Jumat (14/2) sore, wisatawan tersebut tidak muncul ke permukaan.

Petugas operator yang membawa turis tersebut kemudian melaporkan kepada Tim SAR sekitar pukul 19.00 Wita setelah mereka sempat mencarinya. 

Pewarta: Wira Suryantala
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014