New York (ANTARA News) - Senator California mengusulkan undang-undang menempelkan label peringatan pada minuman bersoda atau minuman yang mengandung pemanis.

Senator Bill Monning mengusulkan peringatan yang berbunyi "PETUNJUK KEAMANAN NEGARA BAGIAN CALIFORNIA: Minuman yang mengandung gula berpengaruh pada obesitas, diabetes, dan kerusakan gigi," seperti yang dimuat di laman LiveScience.

Peringatan itu dibuat oleh ahli kesehatan dan ahli gizi.

"Sama seperti peringatan di tembakau dan alkohol, undang-undang ini akan memberi informasi penting pada warga California bahwa mereka perlu membuat pilihan yang lebih sehat," kata Monning dalam siaran pers.

Asosiasi Medis California mengatakan minum segelas soda per hari meningkatkan risiko orang dewasa menderita kelebihan berat badan sebanyak 27 persen dan anak-anak 55 persen.

Sementara itu, seperti yang dimuat Los Angeles Times, Calbev, Asosiasi Minuman Amerika cabang California menolak undang-undang tersebut. Menurut mereka, obesitas adalah isu yang rumit dan produk bersoda telah mencantumkan hitungan kalori.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014