Nunukan (ANTARA News) - Diperkirakan sekitar seratus unit rumah warga di permukiman padat penduduk di RT 9 Kelurahan Nunukan Utara, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis, hangus terbakar.

Menurut H Sapri, salah seorang warga yang ditemui di lokasi kejadian, jumlah rumah yang hangus terbakar diperkirakan mencapai 100 unit.

"Para kepala keluarga yang kehilangan tempat tinggal itu hanya sebagian kecil yang bisat menyelamatkan harta bendanya," katanya.

Meski demikian, Kapolres Nunukan AKBP Robert Silindur Pangaribuan yang ditemui secara terpisah di tempat kejadian mengaku belum mendapat laporan mengenai kepastian rumah yang terbakar termasuk penyebabnya.

"Kami belum mendapatkan laporan soal jumlah rumah yang terbakar termasuk asal mula api tersebut," kata dia didampingi Komandan Kodim 0911/Nunukan Letkol Inf Putra Widiastawa.

Ia menegaskan, masih akan melakukan penyelidikan terhadap penyebab kebakaran. Kemudian pascakebakaran kepolisian bersama-sama dengan aparat dari TNI akan melakukan pengamanan di lokasi kejadian untuk menghindari terjadinya dampak sosial.

Di lokasi kebakaran aparat dari kepolisian,TNI dan Satgas Pamtas membantu warga memadamkan api dan menyelamatkan harta benda mereka.

Selanjutnya, Kabid Pemadam Kebakaran Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Nunukan, Sirajuddin menjelaskan, kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 10.00 Wita pada salah satu rumah warga yang ditinggal penghuninya.

Untuk melakukan pemadaman api, dia mengatakan, mengerahkan puluhan unit kendaraan pemadam termasuk menambah ketersediaan air hingga tiga kali setiap unit kendaraan. Ia mengatakan, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 12.00 Wita. 

Pewarta: M Rusman
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014