London (ANTARA News) - Boy band One Direction dinobatkan sebagai artis rekaman paling populer tahun 2013, Rabu waktu setempat atau Kamis WIB ini, dalam penghargaan untuk industri rekaman yang untuk pertama kali diramaikan oleh pelaku streaming musik online seperti Spotify dan Deeze.

Musik streaming meningkat popularitasnya dalam tahun-tahun belakangan di mana Spotify pun mempunyai 24 juta pengguna aktif di seluruh dunia. 

"Streaming telah menjadi demikian mewabah dalam industri musik di seluruh dunia pada beberapa tahun terakhir yang membuat kami berpikiran saatnya kami mengintegrasikan layanan stream-on seperti Deezer dan Spotify serta juga YouTube," kata manajer komunikasi IFPI Alex Jacob.

Rapper Eminem berada di nomor dua, sedangkan Justin Timberlake menempati urutan ketiga.

One Direction yang asal Inggris itu merilis album studio ketiganya "Midnight Memories" tahun lalu, yang memuncaki tangga lagu U.S. Billboard Top 200, dan mengantarkan One Direction sebagai band pertama dalam sejarah Billboard yang menjadi nomor satu untuk tiga album pertamanya. 

"Berita yang luar biasa! Kerena jika tangga lagu itu juga memasukkan segalanya dari  iTunes dan toko kaset, dari YouTube sampai Spotify," kata Niall Horan dari One Direction.

"Sekali lagi terima kasih banyak kepada kalian para penggemar untuk tahun 2013 yang luar biasa ini."

Eminem merilis album kedelapannya pada 2013, "The Marshall  Mathers LP 2", sedangkan Justin Timberlake berjaya lewat sejumlah hits tahun lalu seperti "Mirrors" dan "Take Back the Night". 

Yang juga masuk daftar ini adalah Rihanna, Daft Punk yang belum lama ini memenangi dua Grammy, dan Katy Perry, demikian Reuters.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014