Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin, Selasa, membahas keamanan Olimpiade Musim Dingin Sochi di tengah kekhawatiran di Washington bagi keselamatan para atlet AS menyusul ancaman teror terhadap kegiatan olahraga itu.

Kedua pemimpin berbicara bagaimana menjamin olimpiade bulan depan di kota resor Laut Hitam dan dekat kawasan pegunungan itu berlangsung "aman dan nyaman", dan juga membahas pembicaraan transisi Suriah di Jenewa dan diplomasi nuklir dengan Iran, kata Gedung Putih

AS telah menawarkan "kerja sama penuh" kepada Rusia mengenai pengamanan bagi kegiatan itu tetapi ada beberapa keluhan yang disampaikan para pembuat undang-undang di Washington bahwa Moskow telah menahan beberapa intelejen.

Pada Senin, Pentagon mengatakan pihaknya siap mengerahkan kekuatan militer udara dan angkatan laut -- termasuk dua kapal perang -- untuk membantu mengamankan olimpiade yang mulai 7 Februari.

Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel sudah menawarkan dukungan Amerika dalam percakapan lewat telepon pada 4 Januari dengan mitranya Sergei Shoigu.

(M016)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014