Jakarta (ANTARA News) - Sore ini rencananya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Ani Yudhoyono akan menyaksikan pemutaran perdana film religi "99 Cahaya di Langit Eropa" yang merupakan adaptasi novel karya Hanum Salsabiela Rais dan suaminya Rangga Almahendra. "Pak SBY bersedia menonton mungkin karena dari awal film ini berbeda karrna ini merupakan perjalanan kami selama tiga tahun di Eropa dan ini pertama kalinya kami jadi minoritas," kata penulis Rangga Almahendra di Jakarta, Jumat.

Film "99 Cahaya di Langit Eropa" menceritakan tentang pengalaman mereka tinggal di Austria karena Rangga yang sedang menyelesaikan program studi Doktoral-nya di Universitas Vienna, Austria. Film itu menyoroti perjalanan mereka menjelajahi sejarah dan budaya Islam di Austria, Prancis, Spanyol, dan Turki serta toleransi beragama di Eropa.


Melalui film tersebut Rangga ingin menyampaikan pesan perdamaian dan indahnya Islam dengan cara yang berbeda dari film-film religi sebelumnya.

"Kebanyakan film religi di Indonesia kebanyakan mengandung tiga G: ghost, girls, dan guns juga poligami, tapi ini menyajikan Islam yang moderat, film ini mengajak penonton jadi agen muslim yang baik, yang bisa jadi referensi bagi generasi muda Indonesia," katanya.

Film karya sutradara Guntur Sorharjanto itu dibintangi beberapa artis seperti Acha Septriasa, Dewi Sandra, Marisa Nasution dan ikon hijabers Dian Pelangi dan Fatin Shidqia Lubis.

Film secara serentak diputar 5 Desember 2013 di bioskop.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013