Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum DPP PDIPerjuangan Megawati Soekarnoputri tidak hadir pada upacara peringatan HUT Ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia di halaman kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta, Sabtu.

"Ibu Megawati masih dalam suasana duka sampai 100 hari," kata Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo usai pelaksanaan upacara.

Upaacara bendera peringatan HUT Ke-68 RI dipimpin oleh Tjahjo Kumolo yang bertindak sebagai inspektur upacara dan diikuti ratusan kader dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).

Upacara bendera juga diselenggarakan di kantor DPD dan DPC PDI Perjuangan di seluruh Indonesia.

Menurut Tjahjo, Megawati berada di rumah dan banyak mengurangi kegiatannya, termasuk wawancara dengan wartawan.

Megawati baru akan melakukan kegiatan lagi, kata Tjahjo, yakni menyelenggarakan peringatan 100 hari meninggalnya Taufik Kiemas pada tanggal 15 September mendatang.

"Pada peringatan 100 hari meninggalnya Pak Taufik, Ibu Mega akan mengundang para tamu untuk hadir," katanya.

Taufik Kiemas adalah suami Megawati Soekarnoputri yang saat meninggal dunia pada awal Juni 2013, masih menduduki jabatan sebagai Ketua MPR RI.

Namun, sebelum peringatan 100 hari meninggalnya Taufik Kiemas, DPP PDI Perjuangan akan menyelenggarakan rapat kerja nasional (rakernas) di sebuah hotel berbintang di Ancol, Jakarta, pada tanggal 6 September 2013.

Pada Rakernas tersebut, kata Tjahjo, Megawati akan menyampaikan pidato politik menyikapi kondisi politik terbaru dan menyikapi persiapan pelaksanaan Pemilu 2014.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013