Jakarta (ANTARA News) - Beberapa ruas jalan di Jakarta akan ditutup saat puncak acara HUT DKI Jakarta Sabtu malam (22/6), membuat tingkat hunian di salah satu Hotel di bilangan Thamrin, Sari Pan Pasific, Jakarta, mengalami kenaikan sebesar 10 persen.

"Kalau weekend , biasanya 60 persen tingkat huniannya sedangkan untuk hari ini tingkat huniannya sebesar 70 persen. Berarti ada peningkatan di tingkat hunian sebesar 10 persen," ujar Duty Manager, Sari Pan Pasific, Abdul Harris, saat ditemui di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, peningkatan hunian tersebut karena letak Hotel Sari Pan Pasific strategis dekat dengan pusat perbelanjaan dan dekat dengan titik-titik hiburan di HUT Jakarta.

"Tinggal jalan kaki dan dekat dengan pusat perbelanjaan juga, dan itu jauh-jauh hari promosi untuk HUT Jakarta nya. Jadi tamu pun tahu," kata dia.

Ia mengatakan, di hotel tersebut ada 418 kamar yang terdiri dari standar, deluxe, pasific dan suit "Standar paling banyak hari ini, kebanyakan tamunya orang Indonesia. Rata-rata tamu hanya menginap semalam, mungkin mereka ingin menikmati HUT Jakarta dengan jalan kaki," kata dia.

Sebelumnya, Beberapa ruas jalan di Jakarta akan ditutup saat puncak acara HUT DKI Jakarta 22 Juni

Ketua panitia HUT DKI Jakarta sekaligus Asisten Pemerintah DKI Jakarta Sylviana Murni menyebutkan bahwa sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian perihal penutupan jalan serta penyediaan jalur alternatif.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian. Karena nanti, jalan MH. Thamrin hingga Bundaran HI akan ditutup untuk keperluan panggung," katanya.

Penutupan jalan akan dilakukan bertahap sejak pukul 16.00 WIB dan akan ditutup total pada pukul 18.00 WIB. Sedangkan untuk pengalihan TransJakarta koridor I akan mulai dialihkan pukul 19.00 WIB.

"Penutupan jalan akan dilakukan secara bertahap. Untuk memudahkan loading barang dan pengaturan lalu lintas," katanya.(*)

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013