Bukittinggi (ANTARA News) - Ratusan kubik sampah berhasil diangkut dari Ngarai Sianok Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, dalam kegiatan aksi bersih Ngarai Sianok pada Minggu siang.

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Lingkugan Hidup (HLK) se-dunia tersebut diikuti puluhan orang yang terdiri dari umum, pelajar, mahasiswa, relawan Palang Merah Indonesia (PMI) dan sejumlah tokoh masyarakat.

Berbagai jenis sampah yang berhasil dipungut di sepajang aliran sungai Sianok dan dasar Ngarai Sianok dimasukkan kedalam karung plastik lalu dibawa dengan mobil offroad ke pinggir sungai.

Setelah itu, sampah diangkut dengan menggunakan truk sampah untuk dibawa ke daerah Panorama Baru untuk dibuang ke dasar Ngarai yang ada dikawasan itu.

Kegiatan yang diselenggarakan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Matahari tersebut guna menghindari terjadinya pencemaran pada lingkungan.

Bupati Agam Indra Catri, anggota DPR-RI Taslmi, mantan Ketua DPRD Kota Bukittinggi Trismon, Kepala Kantor Lingkugan Hidup Kota Bukittinggi dan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Bukittinggi turut serta melakukan pemungutan sampah.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Bukittinggi Supadria menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan oleh LSM Matahari itu.

Menurut dia, pemungutan sampah di sepanjang aliran sungai Sianok tersebut merupakan kegiatan sangat bagus sehingga dapat mencegah terjadinya pencemaran pada lingkungan.

Pewarta: Hamriadi
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013