Sebagai seorang ikon budaya, Madonna merupakan salah satu artis sukses dan berpengaruh sepanjang masa dan baru-baru ini dinobatkan sebagai pencetak uang terbanyak (Top Money Maker) 2012..."
New York (ANTARA News) - Madonna akan dianugerahi penghargaan dalam Billboard Music Awards yang digelar 19 Mei, atas kesuksesannya menggelar tur MDNA pada 2012 yang meraup angka penjualan tiket paling tinggi sepanjang tahun, kata penyelenggara acara, Rabu.

Penyanyi pop tersebut akan menerima penghargaan sebagai artis penggelar tur paling top (Top Touring Artist) dalam acara yang digelar di MGM Grand Garden Arena di Las Vegas, atas kesuksesannya dalam tur dengan penjualan tiket mencapai 305 juta dolar AS untuk 88 kali aksi panggungnya selama tur dan jumlah penonton mencapai 2,2 juta orang, lapor Reuters.

"Sebagai seorang ikon budaya, Madonna merupakan salah satu artis sukses dan berpengaruh sepanjang masa dan baru-baru ini dinobatkan sebagai pencetak uang terbanyak (Top Money Maker) 2012 dari Billboard," kata Billboard dalam pernyataannya.

Penyanyi yang selalu bertengger di puncak tangga lagu ini juga memegang beberapa penghargaan lain dari Billboard termasuk rekaman 10 single terbaiknya.

Selain kepiawaiannya dalam bermusik, Madonna juga dikenal sebagai kolektor benda seni.

Pada Selasa (7/5) ia menjual lukisan abstrak karya pelukis Prancis Fernand Leger berjudul "Trois Femmes a la Table Rouge" yang dibuat pada 1921 pada harga 7,16 juta dolar AS, dan uang hasil penjualan itu akan diserahkan pada Yayasan Ray of Light untuk mendanai proyek pendidikan bagi anak-anak perempuan di negara-negara miskin.

Ibu empat anak ini, termasuk dua anak adopsinya dari Malawi, berencana membangun 10 sekolah di negara Afrika itu. (S022/M014)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013