Frankfurt (ANTARA News) - Pemerintah Jerman memperkirakan ekonomi terbesar di Eropa itu tumbuh sebesar 0,5 persen pada tahun ini, sedikit lebih cepat dari proyeksi sebelumnya sebesar 0,4 persen, Menteri Ekonomi Philipp Roesler mengumumkan pada Kamis.

Pada saat yang sama, Berlin memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi akan mencapai hingga 1,6 persen pada 2014, kata menteri, lapor AFP.

"Kita bisa melihat masa depan dengan optimisme. Ekonomi meningkat. Pengangguran turun," kata Roesler.

Namun demikian, pemerintah memperbarui perkiraan pertumbuhan dengan sedikit lebih berhati-hati daripada yang lainnya.

Pekan lalu, lembaga ekonomi terkemuka Jerman memprediksi dalam laporan tahunan musim semi mereka bahwa produk domestik bruto (PDB) akan tumbuh sebesar 0,8 persen pada 2013 dan kemudian sebesar 1,9 persen.

Lembaga riset -- Ifo di Munich, IFW di Kiel, IW di Halle dan RWI di Essen -- mengatakan langit di atas ekonomi Jerman tampak menjadi cerah dan pemulihan ekonomi utama Eropa itu tampaknya akan mengumpulkan momentum selama tahun ini.

Dana Moneter Internasional (IMF), juga sedikit lebih optimis daripada Berlin, memproyeksikan pertumbuhan 0,6 persen untuk tahun ini.

Jerman telah berhasil menghindari resesi ketika krisis utang negara melanda zona euro berjalan lama dan telah mendorong banyak negara jatuh ke dalam resesi.

Namun pertumbuhan ekonomi tetap melambat menjadi hanya 0,7 persen pada 2012 dari 3,0 persen pada tahun sebelumnya.

Serangkaian indikator ke depan baru-baru ini, termasuk indeks iklim bisnis dari Ifo, sudah mulai menurun, memicu kekhawatiran bahwa pemulihan yang baru lahir itu kemungkinan sudah kehabisan tenaga. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013