Roma (ANTARA News) - Duta Besar Iran untuk Italia Mohammad Ali Hosseini mengatakan pada Sabtu bahwa Teheran menyerukan perluasan hubungan politik antara kedua negara.

Dalam satu wawancara televisi dengan saluran TV Italia, dia mengatakan "Saya berharap setelah pemerintah Italia baru mengambil kantor kedua belah pihak akan menyaksikan langkah lebih konkrit dalam memperkuat hubungan politik antara kedua negara."

Mengacu untuk mempererat sikap bersama oleh Iran dan Italia pada perkembangan di Timur Tengah dan Teluk Persia, Afrika Utara dan Mediterania, dia menggarisbawahi perlunya memperkuat hubungan politik antara kedua negara.

Mengacu pada sanksi ekonomi ilegal yang dikenakan pada Iran, katanya, pengusaha kedua pihak telah berusaha untuk memperluas kerja sama antara kedua negara.

Negara-negara Eropa lebih menderita kerugian akibat merendahkan tingkat kerja sama ekonomi dengan Iran, katanya.

Negara-negara Eropa telah kehilangan pasar yang sangat penting di kawasan Teluk Persia, tetapi mereka harus menanggung dalam pikiran mereka bahwa negara lain di Asia dan Amerika Latin akan mengisi kesenjangan segera, katanya.

Mengacu pada peran penting parlemen dalam sistem politik kedua negara, Hosseini menyerukan pertukaran delegasi parlemen lebih ditingkatkan di bidang kebijakan luar negeri, budaya, ilmu pengetahuan, universitas, ekonomi dan industri.

Dia juga mendesak perluasan kerja sama dalam penyelenggaraan pameran-pameran, penyelenggaraan event olah raga serta pertemuan ilmiah dan akademik, demikian OANA.
(H-AK)


Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013