Jakarta (ANTARA News) - Perusahaan pemula teknologi, Click & Grow, menciptakan stoples penumbuh tanaman herbal dan rempah-rempah hanya dengan air dan sinar light emitting diode (LED) secara otomatis, tanpa tanah.

"Perjalanan kami dimulai tiga tahun lalu. Terinspirasi NASA, kami mencari tahu teknologi untuk menumbuhkan tanaman tanpa perlu menyirami atau memupuknya," kata Pendiri Click & Grow, Mattias Lepp, dalam video di situs Kickstarter.

Stoples bernama "Smart Herb Garden" itu mampu menyuplai oksigen, air, dan nutrisi yang dibutuhkan tanaman setiap saat dengan material nanoteknologi. Bahan material nanoteknologi itu menggantikan fungsi tanah sebagai medium penyerapan nutrisi bagi akar.

"Kami juga menempatkan solusi pencahayaan canggih. Kami menggunakan teknologi LED terbaru untuk memberikan sistem pencahayaan yang alami bagi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh," sebut tim pencipta Smart Herb Garden.

Cahaya dari dua lampu LED pada stoples itu membutuhkan listrik enam watt. Stoples seberat 850 gram itu pun dapat diisi tiga tanaman sekaligus.

Tim pencipta dari Palo Alto California AS itu menyebut stoples ciptaan mereka dapat menumbuhkan lada, cabe rawit, tomat mini, tanaman mint, bayam, salad, dan berbagai jenis selada.

Keuntungannya, pengguna tidak perlu direpotkan oleh penyiraman, pemberian pupuk, atau peletakkan stoples di bawah cahaya matahari.

"Cukup tancapkan kabel ke steker listrik dan tambahkan air, alat pintar akan mengurus sisanya," kata tim pencipta.

Stoples penumbuh tanaman itu ditujukan untuk orang-orang kota yang sibuk bepergian, tidak punya taman, tapi suka memasak.

"Mereka yang telah mematikan tanaman di masa lalu karena tidak menyiraminya. Mereka yang cukup maniak untuk mempunyai pot bunga berteknologi tinggi," sebut tim pencipta.

Namun, para pencipta Smart Herb Garden itu mengaku masih mengerjakan sejumlah prototipe produk lain dan mengundang investor untuk mendanai proyek mereka.

Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013