Los Angeles (ANTARA News) - Para penulis naskah film dan televisi Amerika Serikat memberikan Writers Guild Awards (WGA) kepada film "Zero Dark Thirty" dan "Argo" pada Minggu waktu setempat, sepekan sebelum gelaran Piala Oscar.

Penulis naskah Mark Boal meraih penghargaan WGA untuk kategori Skenario Asli Terbaik melalui "Zero Dark Thirty", yang menceritakan kronologi perburuan untuk meringkus pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden.

Saat ditanya di belakang panggung mengenai pesan film itu Boal menjawab: "Saya kira (sutradara Kathryn Bigelow) mengatakan yang terbaik saat dia mengatakan ingin memberikan secercah cahaya dalam satu dekade gelap. Saya tidak tahu apakah saya bisa menyatakan lebih baik dari itu."

Sementara film "Argo" yang berkisah tentang penyelamatan sandera AS saat revolusi Iran tahun 1979 mengantarkan Chris Terrio meraih WGA kategori Skenario Adaptasi Terbaik.

"Saya belum pernah memenangi penghargaan atas nama saya sebelumnya," kata Terrio seperti dikutip Reuters.

Penghargaan WGA meningkatkan potensi film pemenangnya dalam kompetisi perebutan Piala Oscar karena beberapa anggota kelompok penulis juga anggota Academy of Motion Arts and Sciences, yang akan menggelar Oscar pada 24 Februari 2013.

WGA juga memberikan penghargaan khusus kepada penulis Tony Kusher untuk film "Lincoln", yang bercerita tentang perjuangan Presiden Abraham Lincoln menghapuskan perbudakan.
"Argo" dan "Lincoln" disebut-sebut berada di barisan depan perebutan penghargaan film terbaik Oscar.


Selain itu WGA memberikan penghargaan kepada penulis naskah dan sutradara "Searching for Sugar Man", Malik Bendjelloul, untuk kategori penulisan naskah dokumenter terbaik.

Sementara "Breaking Bad" mendapat penghargaan sebagai Serial Drama Televisi Terbaik dan penulis naskah "Louie" meraih penghargaan untuk kategori Serial Komedi Televisi Terbaik.

(Uu.A061)



Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013