Jajaran Polda Sultra konsentrasi menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat dalam rangka perayaan Natal 2012 dan menyambut Tahun Baru 2013,"
Kendari (ANTARA News) - Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjen Pol Ngadino mengimbau jajaran kepolisian di daerahnya untuk mewaspadai teror dengan sasaran aparat polisi.

"Jajaran Polda Sultra konsentrasi menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat dalam rangka perayaan Natal 2012 dan menyambut Tahun Baru 2013," kata Kapolda Sultra didampingi Kabid Humas AKBP A. Karim Samandi di Kendari, Selasa.

Namun, jajaran kepolisian, khususnya yang menjalankan tugas pengamanan harus waspada terhadap kemungkinan pelaku teror dengan sasaran aparat polisi.

"Ya, keselamatan anggota di lapangan juga menjadi perhatian utama. Korban penembakan anggota Polri di daerah lain cukup menjadi pelajaran berharga," kata Kapolda Sultra.

Hal ini menjadi tugas khusus personil satuan intelijen agar dapat melakukan deteksi dini terhadap gejala maupun keberadaan seseorang di sekitar pos pengamanan, markas kepolisian dan jalur patroli anggota.

"Anggota yang bertugas, baik di pos pengamanan maupun yang patroli di jalan raya atau menangani suatu kejadian, seperti kecelakaan lalulintas harus waspada dari pelaku teror," katanya.

Siaga jajaran kepolisian, kata Kapolda Ngadino, disesuaikan dengan eskalasi yang terjadi di tengah masyarakat.

"Pada kondisi tertentu Polri dapat menerapkan tindakan luar biasa. Hingga saat ini jajaran Polda Sultra belum sampai pada penempatan personil penembak jitu tetapi pada kondisi tertentu dapat dilakukan," ujarnya.

Polda Sultra mendirikan 70 pos pengamanan dalam rangka perayaan hari Natal 2012 dan akan ditambah dengan pos khusus, yakni di tempat-tempat wisata jelang pergantian tahun 2012 ke 2013.

Juga Polda Sultra memberi perhatian khusus wilayah terpencil yang berbatasan dengan daerah-daerah yang tidak kondusif.

(S032/)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012