Kami ingin menjadikan Pesta Danau Toba tahun ini lebih semarak dan lebih banyak menjaring wisatawan...
Simalungun, Sumut (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, siap menggelar Pesta Danau Toba tahun 2012 yang akan dipusatkan di Pantai Bebas Parapat, pada 29-31 Desember.

"Seluruh sarana dan prasarana pendukung kegiatan Pesta Danau Toba tahun ini sudah disiapkan," kata Ketua Panitia Pesta Danau Toba (PDT) 2012 Jan Waner Saragih, di kota turis Parapat, Sabtu.

Ia menjelaskan, PDT 2012 yang menurut rencana akan dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu itu, akan disemarakkan berbagai kegiatan, antara lain parade budaya, arak-arakan dan penyalaan api obor PDT, festival alat musik khas Sumatera Utara (Sumut), pameran, dan lomba olah raga.

Kegiatan lain yang tidak kalah menariknya adalah pemajangan pohon Natal raksasa setinggi 30 meter lebih di perairan Danau Toba.

Untuk mensukseskan pelaksanaan PDT tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun bekerja sama dengan seluruh Pemkab di sekitar kawasan Danau Toba antara lain Kabupaten Samosir, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Dairi, Tanah Karo, dan Padang Lawas.

Dalam upaya menjadikan agar PDT benar-benar menjadi agenda parawisata nasional, Pemkab Simalungun juga telah menjalin kerja sama dengan Kabupaten Badung, Bali.

"Kami ingin menjadikan Pesta Danau Toba tahun ini lebih semarak dan lebih banyak menjaring wisatawan, baik lokal maupun regional dan manca negara," ucap Jan yang telah melakukan promosi ke sejumlah provinsi di Indonesia dan Asean.

"Kegiatan Pesta Danau Toba tahun ini juga diharapkan dapat ikut menggairahkan kunjungan wisatawan ke Sumatera Utara," tambah Jan.

(Ant-197)

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2012