Kami ingin mempertahankan bulu tangkis di Olimpiade, meningkatkan jumlah kepesertaan Olimpiade
Jakarta (ANTARA News) - Kepala PB Tangkas Specs, Justian Suhandinata, mencalonkan diri sebagai Presiden Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) periode 2013-2017 atas dukungan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan sekitar 15 negara di dunia.

"Saya siap mencalonkan diri karena banyak dukungan," ujar Justian saat menyatakan pencalonannya dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

"Pencalonan ini bukan datang dari PBSI saja, tetapi negara-negara Asia lainnya. Bisa dibilang saya diusung total 15 negara," tambahnya.

Justian, yang menjadi anggota dewan BWF sejak tahun 2008 hingga kini, juga menarik Deputi Presiden BWF, Paisan Rangsikitpho asal Amerika Serikat untuk menjadi wakilnya. Sejumlah negara seperti China, Jepang, Thailand, Korea, India, Hongkong, Sri Lanka, negara-negara Afrika, pun menyatakan dukungan.

"Otomatis dukungan tentunya juga datang dari Amerika Serikat dan kubunya," ujar Justian yang menyatakan siap meningkatkan penyebaran dan kepopuleran bulu tangkis dengan membawa bulu tangkis lebih merata di dunia terutama ke benua Oceania dan Afrika yang perkembangan bulu tangkisnya masih kurang.

"Kami ingin mempertahankan bulu tangkis di Olimpiade, meningkatkan jumlah kepesertaan Olimpiade," tambahnya.

Ia juga mengatakan ingin memperkuat pendanaan BWF untuk memberikan pelatihan tambahan dan peralatan untuk program bagi negara berkembang, membantu Para-Badminton, dan meningkatkan keterlibatan kaum wanita di BWF.

Jika ia menjadi Presiden BWF, lanjutnya, Indonesia juga akan diuntungkan dengan adanya konsep dan aturan yang menguntungkan Indonesia.

"Keuntungan dari segi komunikasi dan informasi. Dan kalau ada aturan-aturannya yang merugikan Indonesia, kita bisa menolak," tambahnya.

Pencalonan Justian berawal dari pernyataan Presiden BWF saat ini, Kang Young-Joong asal Korea Selatan yang tidak akan maju kembali setelah dua periode menjabat sebagai Presiden BWF sejak 2005. Sebelumnya, perwakilan dari Indonesia (alm) Ferry Sonneville pernah menjabat sebagai Presiden BWF periode 1971-1974.

Pemilihan Presiden BWF akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, Mei 2013 bersamaan dengan digelarnya turnamen Piala Sudirman.

(M047)

Pewarta: Monalisa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2012