Dua tahun belakangan, Jakarta menjelma menjadi surga bagi pecinta musik. Setiap bulan selalu ada konser musik penyanyi perorangan maupun grup band dari dalam dan luar negeri.
 
Jakarta  telah menjadi salah satu sasaran  konser musik.  Bukan hanya konser artis Barat, tetapi juga dari Asia termasuk penyanyi, boys band, girl band dari Korea.
 
Belum lagi musik hidup yang digelar kafe-kafe bergengsi, diantaranya RW Lounge di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan yang rajin menampilkan musisi-musisi jazz terkemuka dalam negeri.
 
Menikmati suasana malam hari, bersantap, ngopi, berkencan, kongkow bersama teman sembari menikmati musik,  telah menjadi gaya hidup warga Jakarta.

Setelah seharian bekerja, maka malam hari, terutama di akhir pekan, menjadi begitu istimewa untuk sekadar, sekaligus memanjakan telinga dengan live music.
 
 Jakarta dibanjiri konser musik.  Awal tahun ini saja, grup band asal Amerika Foster the People yang beken dengan single Pumped Up Kicks menggelar konser di sini.  Lalu, Simple Plan, grup band asal Quebec, Katy Perry, Rod Steward, Spultura, dan The Black Dahlia Murder.
 
Bulan-bulan berikutnya berderet penyanyi terkenal menggelar konser, antara lain Chicago, Olivia Newton John, Michael Learn to Rock, Creed, David Foster & Friend, Lar’c-en-Ciel, Avenged Sevenfold, The Cardigans,  Jennifer Lopez, Shahruk Khan, dan masih banyak lagi,  termasuk Gun n Roses dan Sting di pekan ini.
 
Dari Korea hadir Bing Bang, Wonder Girl, SNSD, Super Junior, SM Town, Kim Jae Jong, Sung Ha Jung, Lee Seung Gi, dan banyak lagi.
 
Belum habis 2012, sudah berderet beberapa jadwal konser musik, termasuk prediksi siapa saja penyanyi mancanegara yang digadang promotor musik Indonesia, diantaranya grup band indie asal Amerika Yeah Yeah Yeahs, grup musik asal Inggris Block Party, dan band rock alternatif asal Inggris The Syones Roses.
 
Konser-konser itu belum termasuk event tahunan seperti Jakarta Jazz Festival yang tidak hanya dikonsumsi penduduk Jakarta, tetapi juga wisatawan.  Penyanyi internasional yang hadir dalam event ini antara lain David Foster, Stevie Wonder, All Jarreau, dan Pat Matheny.

Juga ada event Jakarta Blues Festival yang menampilkan musisi blues dalam dan luar negeri. Dari dalam negeri ada Naif, Gugun Blues Shelter, The Sigit, Kotak, Ina Blues All Star, The Brandals, Jhon Paul Ivan dan Krisna, Lala Karmela, Aryo Wahab, The White Flowers, dan Balawan and Friends, sedangkan dari luar negeri ada  Jan Akkerman gitaris asal Belanda, Davy Knowles, Guy Davis, Bill Sims JR dan The Bleu Rascals.

Belum lagi pertunjukkan musik dari penyanyi dan grup band dalam negeri pada acara-acara rutin seperti Pekan Raya Jakarta. Tahun ini, Noah yang dimotori Ariel, menjadi grup musik yang paling sering dibicarakan dan ditunggu-tunggu.

Hang out musik

Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, sampai sekarang masih menjadi tempat hang out terkenal di Jakarta.

Deretan kafe, lounge, restoran, bar dengan sajian musik hidup dengan mudah ditemui di sini. Red White Jazz Lounge (RW Lounge) hanya salah satu kafe bernuansa jazzy yang kini tengah digemari.

Kafe Umbra di Kemang yang bernuansa Eropa tahun 1920-an juga menjadi sasaran hang out . Kafe ini setiap hari menampilkan live music dari jenis musik berbeda, bahkan sajian dari grup-grup band indie.

Ada juga Eastern Promise, restoran Jerman di Kemang yang menjadi tempat hang out favorit kalangan atas. Kafe dan restoran ini menyediakan bir Jerman yang terkenal, aneka makanan, dan juga musik hidup setiap Jumat dan Sabtu.

Jakarta masih punya segudang lokasi hang out lain. Sebut saja Hard Rock Café yang jelas mengusung tema musik sampai pub dan bar di hotel-hotel bintang lima.

Jakarta telah menjelma menjadi surga bagi pecinta musik. Ini makin melengkapi kekayaan Jakarta. Enjoy Jakarta.

(advertorial)

Editor: Copywriter
Copyright © ANTARA 2012