Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) Laksamana Madya TNI Aan Kurnia menekankan pentingnya penjagaan wilayah laut Indonesia dengan terus meningkatkan operasi keamanan dan keselamatan laut.

"Meningkatkan kehadiran kapal patroli di wilayah-wilayah prioritas," ujarnya Laksdya Aan Kurnia dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Selain itu, Bakamla terus meningkatkan kemampuan deteksi dan pengamatan dini melalui National Maritime Surveillance System (NMSS), serta meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sarana patroli dan pendukung.

Hal itu juga disampaikan Aan Kurnia saat mengikuti kegiatan Rapat Pimpinan TNI-Polri Thaun 2023sekaligus mendengarkan arahan Presiden RI Joko Widodo.

Sebelumnya, Presiden Jokowi meyakini TNI dan Polri sudah mengetahui dan memahami tugas masing-masing dalam menjaga kondusivitas situasi tahun politik menyongsong Pemilu 2024.

"Enggak ada (arahan khusus), saya kira TNI-Polri sudah tahu apa yang dikerjakan," kata Jokowi kepada awak media selepas menghadiri Rapim TNI-Polri 2023.

Kendati demikian, Presiden tetap mengingatkan tugas utama TNI-Polri untuk menjaga situasi agar tetap kondusif sembari senantiasa menghindari keterlibatan dalam politik praktis.

"Yang paling penting menjaga kondusivitas pada tahun politik dan tidak terlibat dalam politik praktis," ujar Jokowi.

Pewarta: Fauzi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023