Jembrana (ANTARA) - Warga di Kabupaten Jembrana, Bali antusias dalam menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo seperti yang terpantau di lokasi kunjungan pertama
yaitu Pasar Umum Melaya Jembrana.

Di lokasi tersebut pada Kamis, sebelum Presiden Jokowi datang terpantau areal pasar sudah disesaki oleh masyarakat yang tidak hanya berasal dari pedagang setempat.

Kedatangan Presiden Joko Widodo itu merupakan kunjungan kepala negara ke yang kedua ke kabupaten paling barat Pulau Bali itu setelah pada tahun 1990 lalu Presiden Soeharto pernah meresmikan Bendungan Palasari di Jembrana.

"Selama ini hanya melihat di televisi atau media lain. Saya ingin melihat langsung Pak Presiden,” ujar Joko warga Kecamatan Melaya yang rela datang satu jam sebelum Presiden Jokowi.

Baca juga: Warga antusias sambut Jokowi dan Iriana di Pasar Anyar Bali

Baca juga: Jokowi singgah ke RTH Taman Bung Karno di Bali


Setibanya di pasar tersebut sekitar pukul 16.00 Wita, Presiden Joko Widodo yang datang bersama Ibu Iriana disambut Bupati Jembrana I Nengah Tamba serta Nyonya Candrawati Tamba.

Presiden juga melambaikan tangan kepada masyarakat berbagai usia, yang berjubel dan meneriakkan namanya di areal parkir pasar tersebut.

Dari areal parkir, Presiden Jokowi masuk ke dalam pasar menyapa pedagang, serta memberikan santunan kepada Mbah Dayu, seorang pedagang pisang yang sudah lanjut usia.

Fauzan salah seorang pedagang di Pasar Umum Melaya mengatakan, pada tahun 1990 lalu saat Presiden Soeharto datang dirinya masih SD dan turut menyambutnya.

"Waktu itu Pak Harto naik helikopter, kami menyambutnya di Bendungan Palasari, Desa Ekasari. Setelah 30 tahun lebih, sekarang presiden berkunjung ke sini lagi," ungkap dia.

Setelah melakukan kunjungan kerja Pasar Umum Melaya, Presiden Joko Widodo mengunjungi sentra tenun di Kota Negara yang merupakan ibukota Kabupaten Jembrana.

Di lokasi itu, sama dengan situasi di Pasar Umum Melaya, masyarakat berbagai usia juga terpantau memadati kawasan sentra tenun untuk menyambut Presiden Joko Widodo.

Warga meneriakkan nama Presiden Jokowi dan mengibarkan bendera merah putih sembari memadati kawasan Jalan Jenderal Sudirman, tempat sentra tenun berada.

Baca juga: Presiden Jokowi cek harga barang di Pasar Baturiti Tabanan

Pewarta: Gembong Ismadi/Naufal Fikri Yusuf
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023