Jakarta (ANTARA) - Keluarga Besar Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur menyalurkan bantuan sosial kepada korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, yang sebagian besarnya masih mengungsi.

"Hari ini kita datang ke sini (Cianjur) tidak memberikan bantuan berupa sembako ataupun makanan. Namun kita akan memberikan beberapa barang yang menjadi kebutuhan utama dan dipakai untuk jangka waktu yang panjang," ujar Ketua Kwarda Jatim H.M Arum Sabil dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Arum mengatakan bantuan yang diberikan tersebut berupa penunjang untuk kebutuhan air bersih, listrik, dan juga untuk kebutuhan tempat tinggal sementara.

"Masyarakat pasti butuh air bersih yang banyak sehingga kita kirim 20 unit tandon air dengan kapasitas 24.000 liter, 20 unit genset kapasitas 23.000 watt, 100 buah selimut, 70 buah matras, 100 buah terpal, dan 1.200 popok. Semoga bantuan yang diberikan bermanfaat bagi masyarakat Cianjur," kata dia.

Menurut dia, bentuk kepedulian Kwarda Jatim dilatarbelakangi lantaran rasa persatuan dan persaudaraan anggota Pramuka di Indonesia. Anggota Pramuka Jawa Barat juga sering membantu ketika ada bencana di Jatim. Sehingga, kata dia, sudah sepatutnya untuk saling membantu dan saling menguatkan satu sama lain.

"Saya juga berharap silaturahmi dan kerja sama antara kwarda Jabar dan Jatim dapat terus dijalin. Bukan hanya dalam hal kebencanaan saja, namun juga dalam hal lain seperti lingkungan hidup, pendidikan, dan lainnya," kata dia.

Arum Sabil menyampaikan ucapan salam dari Ketua Mabida Jatim yang merupakan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa kepada masyarakat Cianjur dan juga Kwarda Jabar.

"Salam hormat dari Ibu Gubernur Khofifah selaku Kamabida Kwarda Pramuka Jatim yang sangat memberikan perhatian kepada kami sehingga kami bisa berangkat ke sini menyalurkan bantuan atas nama Jawa Timur untuk para korban bencana Cianjur," kata dia.

Sementara itu, Ketua Harian Kwarda Jabar Deni Nurdyana Hadimin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan untuk Kwarda Jawa Timur yang telah memberikan bantuan untuk korban bencana di Cianjur.

"Kami sangat berterima kasih kepada Kwarda Jatim atas bantuan yang diberikan untuk masyarakat terdampak gempa bumi di Cianjur, semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi para penyintas di lokasi pengungsian gempa Cianjur," ujarnya.
 
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2022