Kalaupun ada kenaikan harga beberapa komoditas, masih tergolong wajar.
Kudus (ANTARA News) - Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, mengungkapkan hasil pantauan langsung di Pasar Karanganyar, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Sabtu, menunjukkan harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat cenderung stabil.

"Kalaupun ada kenaikan harga beberapa komoditas, masih tergolong wajar," ujarnya ditemui usai meresmikan pasar murah di Pondok Pesantren Yayasan Miftahul Falah di Desa Cendono, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Sabtu.

Beberapa komoditas yang harga jualnya cenderung stabil, yakni cabai merah, telur, dan kol. Sedangkan komoditas yang mengalami kenaikan sedikit, yakni harga daging sapi naik sebesar 2,24 persen menjadi Rp68.500/kg dan daging ayam broiler naik 3,70 persen menjadi Rp28.000/kg.

Untuk harga bawang putih, katanya, hingga sekarang masih mengandalkan impor, sehingga harga jualnya juga fluktuasi, demikian halnya harga kedelai yang mengandalkan impor juga mengalami kenaikan bersamaan dengan harga jual tahu dan tempe.

Dalam pantauannya, harga minyak goreng curah di Pasar Karanganyar tersebut juga cukup stabil dengan harga Rp10.200/kg. Harga tersebut diklaim lebih murah sekitar 10 persen dari harga nasional yang dijual dengan harga Rp11.400/kg.

"Di tingkat nasional, harga minyak goreng curah pada Juli 2012 turun 0,44 persen dibandingkan bulan sebelumnya menjadi Rp11.475/liter. Sedangkan harga minyak goreng kemasan relatif stabil pada kisaran harga Rp13.162/liter," ujarnya.

Selain minyak goreng, harga bahan pokok masyarakat lain yang relatif masih stabil, yakni komoditas beras yang belum mengalami perubahan sejak sepekan kemarin. Beras jenis medium pada 28 Juli 2012 ditawarkan sebesar Rp7.000/kg atau sama dengan harga yang ditawarkan pada hari sebelumnya.

Komoditas lainnya yang mengalami perubahan harga jika dibandingkan pekan sebelumnya, yakni daging sapi naik sebesar 2,24 persen menjadi Rp68.500/kg dan daging ayam broiler naik 3,70 persen menjadi Rp28.000/kg.

Dalam menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok masyarakat, Gita menegaskan Kementerian Perdagangan bersama dengan dinas provinsi yang membidangi perdagangan di seluruh Indonesia akan melakukan berbagai upaya untuk menjaga agar harga tetap stabil melalui berbagai macam instrumen, di antaranya pasar murah.

(ANT)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012