Targetnya, inisiatif ini diterapkan di setiap gerbang kedatangan negara-negara untuk mempermudah verifikasi sertifikat vaksin COVID-19
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita di laman Humaniora dan Warta Bumi Antaranews.com, Jumat (23/9) menjadi perhatian pembaca dan menarik disimak, mulai dari harmonisasi protokol kesehatan global, banjir Lebak, evakuasi korban banjir Cianjur, hingga peringatan dini gelombang tinggi laut.

Berikut lima berita kemarin yang masih menarik untuk dibaca kembali:


1. Indonesia kenalkan Federated Public Trust Directory kepada 197 negara

Pemerintah Indonesia memperkenalkan inisiatif Federated Public Trust Directory G20 kepada 197 delegasi internasional dalam rangka mempermudah verifikasi sertifikat vaksin COVID-19 di seluruh gerbang masuk negara.

Selengkapnya baca di sini


2. Banjir dan longsor di Lebak terjang dua kecamatan

Banjir dan longsor menerjang Kecamatan Bayah dan Cilograng di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Jumat, menyebabkan tiga rumah rusak berat.

Selengkapnya baca di sini


3. PMI dan Retana Cianjur selamatkan seratusan keluarga akibat banjir

PMI dan Relawan Tangguh Bencana (Retana) BPBD Cianjur, Jawa Barat, selamatkan seratusan keluarga akibat banjir di dua Kecamatan Leles dan Sindangbarang yang terjadi Jumat malam.

Selengkapnya baca di sini


4. Gempa M6,4 di Meulaboh akibat subduksi lempeng tak berpotensi tsunami

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menganalisis gempa bumi bermagnitudo 6,4 di wilayah pantai selatan Kota Meulaboh, Aceh Barat, pada Sabtu pukul 03.52 WIB disebabkan aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke Lempeng Eurasia, tidak berpotensi tsunami.

Selengkapnya bisa dibaca di sini


5. Masyarakat pesisir diimbau waspada gelombang tinggi hingga enam meter

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir untuk waspada terhadap gelombang tinggi hingga enam meter.

Selengkapnya bisa di baca di sini




Baca juga: Kemenkes tingkatkan layanan JKN untuk tindakan panyakit katastropik

Baca juga: BMKG prakiraan sebagian kota besar di Indonesia diguyur hujan ringan


 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022