Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah desainer Indonesia berpartisipasi dalam Indonesia In-store Festival 2012 di Takashimaya Tamagawa Tokyo pada 11-17 April 2012 dan di Mitsukoshi Sendai pada 19 hingga 25 April 2012.

"Dengan terselenggaranya in-store promotion ini, maka upaya memperkenalkan produk-produk nasional unggulan tidak hanya tergantung pada ajang pameran internasional yang rutin diikuti dan lebih bersifat `business to business`," kata Atase Perdagangan KBRI Tokyo Djatmiko Bris Witjaksono dalam rilis yang diterima ANTARA, Rabu (16/5).

Menurut Djatmiko, pelaksanaan in-store promotion dengan tema "Indonesia In-store Festival 2012, from Spring to Autumn" itu merupakan bagian dari program promosi tahun 2012 yang bertujuan untuk mendorong eksistensi perupa atau desainer Indonesia di pasar Jepang.

"Bagi para eksibitor Indonesia, in-store promotion merupakan kesempatan untuk menggali pengalaman, informasi dan pengetahuan mengenai karakteristik pasar Jepang termasuk selera konsumen, pengetahuan produk, tren, harga, desain dan produk sejenis lainnya (kompetitor) baik yang bermerek ataupun tidak," kata Djatmiko.

Djatmiko mengungkapkan, beberapa produk yang ditampilkan pada in-store promotion di Takashimaya Tamagawa dan Mitsukoshi Sendai antara lain batik dan produk batik (tas, aksesoris, pakaian jadi), tenun dan produk tenun (obi kimono, selendang, pakaian jadi wanita), tas manik-manik, tas kulit reptil, tas kulit domba/sapi, perhiasan (perhiasan etnik dan tradisional serta perhiasan dari kerang mutiara, batu, perak dan emas).

Djatmiko juga menuturkan hasil yang dicapai para eksibitor pada in-store promotion di Tokyo dan Sendai cukup memuaskan, baik dari aspek jangka pendek seperti penjualan ritel maupun jangka panjang, seperti pembentukan branding, pengembangan profil atau kontrak bisnis.

"Beberapa eksibitor juga berhasil mendapat mitra bisnis baru yang telah sepakat melakukan kerja sama usaha terutama untuk mensuplai kebutuhan domestik di pasar Jepang seperti kain tenun obi kimono, perhiasan, tas kulit reptil dan tas manik-manik," kata Djatmiko.

Para eksibitor yang berpartisipasi pada Indonesia In-store Festival 2012 di Tokyo dan Sendai seluruhnya merupakan pengusaha UKM nasional, yaitu Aulia Jewellery, Megrania Jewellery, Nahdi Jewellery, Tenun AI (Alex Iskandar), Scano Exotic, Sumba Art, Ardiyanto Batik dan De Bough.

Kegiatan ini mendapat dukungan dari perwakilan Bank Indonesia dan kantor cabang BUMN di Tokyo, seperti BNI`46, PT Aneka Tambang dan Garuda Indonesia. Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi juga sempat mengunjungi kegiatan Indonesia In-store Festival 2012 di Mitsukoshi, Sendai.

(R027/S023)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2012