Pontianak (ANTARA) - Ratusan anak binaan Rumah Pintar Punggur Cerdas (RPPC), Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, mengikuti kegiatan pengibaran bendera merah putih di sepanjang Sungai Punggur Kecil untuk memeriahkan peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia.

"Pengibaran bendera di sepanjang sungai ini kami lakukan untuk memeriahkan peringatan HUT ke-77 RI tahun ini. Jika tahun sebelumnya, kami melakukan upacara pengibaran bendera di kebun durian, tahun ini kami melakukan pengibaran bendera di tengah sungai," kata Pengelola RPPC, Umilia di Sungai Kakap, Rabu.

Umilia menjelaskan, pengibaran bendera di sepanjang sungai tersebut selain untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap Indonesia, pihaknya juga ingin menyampaikan pesan kepada anak-anak dan masyarakat sekitar untuk menjaga kebersihan sungai.

Baca juga: Masyarakat nelayan Padang kibarkan Merah Putih di tengah sungai

"Sebelum kegiatan ini, kami bersama warga dan sejumlah relawan melakukan kegiatan bersih sungai, karena kita tahu sungai menjadi permulaan sebagian besar peradaban dunia dan sampai saat ini sungai menjadi sumber penghidupan bagi banyak penduduk di dunia, termasuk di Indonesia. Manfaat sungai banyak digunakan oleh masyarakat, mulai dari mencuci, mandi, sebagai sumber air minum, hingga sumber mata pencaharian," tuturnya.

Dia menambahkan, untuk memeriahkan peringatan HUT ke-77 RI di RPPC, pihaknya juga menggelar berbagai perlombaan dengan menggandeng sejumlah komunitas dan lembaga pemerintahan, seperti Generasi Baru Indonesia (GenBI), pemerintah desa dan kecamatan, Pustu dan pihak Pertamina.

Baca juga: Ribuan pendaki Bukit Kaba kibarkan bendera raksasa peringati HUT RI

Di tempat yang sama, Ketua GenBI Kalbar Iwan Setiawan yang di dampingi Ketua Panitia Lomba Muhammad Fadil mengatakan tahun ini pihaknya berkolaborasi dengan RPPC untuk melaksanakan berbagai kegiatan lomba.

"Kami tentu sangat bersyukur karena pada peringatan HUT ke-77 RI tahun ini bisa bekerjasama dengan pengelola RPPC untuk menggelar kegiatan Peringatan 17 Agustus-an (Petasan) dengan melaksanakan berbagai kegiatan di sini, seperti lomba dan sosialisasi cinta rupiah kepada anak-anak," kata Iwan.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022