Bantuan huntara ini bentuk kepedulian PMI DKI Jakarta yang sumber dananya dari donasi warga DKI Jakarta dan sekitarnya untuk meringankan penderitaan korban terdampak bencana gempa bumi yang meluluhlantahkan sebagian wilayah Kabupaten Pasaman
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta melakukan serah terima bantuan hunian sementara (huntara) yang dibangun lembaga sosial kemanusiaan ini untuk masyarakat yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat pada Ahad (26/6) 2022.

"Jumlah huntara yang dibangun sebanyak 40 unit, dikhususkan untuk penyintas bencana gempa bumi yang terjadi  pada 25 Februari 2022 di Kabupaten Pasaman," kata Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DKI Jakarta Edwar Bachtiar saat dihubungi melalui sambungan telepon, dari Sukabumi, Jawa Barat, Ahad.

Menurut Edo sapaan akrabnya, bantuan huntara ini merupakan salah satu bentuk kepedulian PMI DKI Jakarta yang sumber dananya dari donasi warga DKI Jakarta dan sekitarnya untuk meringankan penderitaan korban terdampak bencana gempa bumi yang meluluhlantahkan sebagian wilayah Kabupaten Pasaman.

Bahkan, dampak bencana ini banyak warga yang harus kehilangan tempat tinggalnya dan menghuni tempat-tempat yang tidak layak huni serta fasilitasnya pun terbatas.

Saat ini huntara yang dibangun pihaknya bekerja sama dengan PMI Sumatera Barat itu sudah dihuni oleh para penyintas gempa yang sebelumnya mereka tidak punya hunian yang standar dan kondisinya memrihatinkan.

Ia menambahkan sebelum dilakukan pembangunan terlebih dahulu pihaknya melalukan asesmen berkoordinasi dengan PMI Sumatera Barat. Setelah melewati serangkaian pendataan dan verifikasi maka huntara ini dibangun di Jorong Bukik Lintang, Kampuang Rawang Nagari Malampah Utara, Kecamatan Nagari.

"Selain huntara, donasi dari warga yang dipercayakan ke PMI DKI Jakarta, juga digunakan untuk renovasi Masjid Nurul Iman Aia Apung Jorong Sipa Rayo, Nagari Malampah, Kecamatan Nagari, " tambahnya.

Di sisi lain, Edo mengatakan pihaknya juga sudah mendistribusikan bantuan lainnya seperti paket perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), sarung dan selimut kepada warga yang tinggal di huntara tersebut. Kemudian mengerahkan sejumlah relawannya untuk memberikan edukasi pencegahan penyebaran COVID-19 dan promosi kesehatan lainnya.

Pihaknya pun mengucapkan terimakasih kepada para donatur yang telah mempercayakan donasinya kepada PMI DKI Jakarta untuk membantu warga di Kabupaten Pasaman yang terdampak gempa bumi.

Pada serah terima ini dilaksanakan di lokasi huntara pada Ahad (26/6) yang juga dihadiri Wakil Bupati Pasaman, Pengurus PMI Provinsi Sumatera Barat, PMI Kabupaten Pasaman dan PMI DKI Jakarta, demikian Edwar Bachtiar .


Baca juga: PMI bantu pembangunan 400 unit huntara bagi korban gempa Sumbar

Baca juga: Pemerintah kesulitan bangun huntara bagi korban gempa Pasaman

Baca juga: Pasaman Barat akui keuangannya terbatas perbaiki rumah rusak

Baca juga: Teknik Sipil Unand serahkan huntara bagi korban gempa Pasaman Barat

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022